Jual Mobil Second di Tengah krisis, Tepatkah?

jual mobil second

Jual mobil second sekarang gencar dilakukan oleh sebagian kalangan mengingat situasi krisis saat ini belum usai.

Pertanyaan penting seberapa efektifkah mendapatkan uang dari hasil menjual mobil ditengah-tengah krisis sekarang? Sedangkan penjualan kendaraan bermotor mengalami penurunan signifikan dan daya beli masyarakat rendah.

Jangankan untuk membeli sebuah kendaraan syukur-syukur kebutuhan primer dapat terpenuhi sudah merupakan hal mewah.

Melihat daya beli masyarakat menurun alangkah baiknya kalau memang tidak mempunyai tabungan ketika kondisi sedang krisis mengapa tak mencoba ajukan dana tunai? Sebab pengajuan ini tanpa harus “kehilangan” kendaraan alias masih dapat digunakan sehari-hari.

Tentukan berapa besar biaya yang sedang anda perlukan? Lalu putuskan tenor pinjaman dana, setelah semua oke kemudian dana cair ingat utamakan kebutuhan.

Secara logika kondisi sekarang ini apakah calon pembeli anda benar-benar butuh mobil atau hanya sekadar tanya-tanya?

Harga mobil baru dan bekas saat ini sangat jatuh mengingat kita sedang mengalami krisis sehingga banyak pertimbangan sebelum membeli.

Yakin Ingin Jual Mobil Second Anda?

mobil bekas '' kredit

Sebelum benar-benar memutuskan untuk menjual kendaraan pribadi pastikan apakah aktivitas anda akan mengalami kendala atau tidak?

Jika iya sebaiknya jangan terlalu dipaksakan, setelah krisis berakhir dan semua berjalan normal khawatirnya ada rasa penyesalan.

Tentu bukan kalian saja yang butuh dana dan berniat menjual kendaraan sehingga kecil kemungkinan motor / mobil anda terjual dikarenakan persaingan harga.

Baca Juga : Dana Tunai Jaminan BPKB Mobil, Solusi Cepat dan Tepat

Tujuan awal kalian membeli mobil pasti untuk memudahkan anda pindah dari satu tempat ke tempat lain apalagi kalau mempunyai klien penting yang on time.

Masa iya anda akan memberikan kesan kurang menyenangkan ketika pertama kali bertemu? Nanti yang ada klien berpikir 2 kali untuk bekerjasama.

Alasan-alasan lain mengapa orang tertarik memiliki mobil (baru / bekas) :

Gengsi Sosial Ekonomi

Alasan pertama adalah karena gaya hidup selain untuk menunjang aktivitas mempunyai mobil secara tidak langsung dapat meningkatkan prestige dan dapat diartikan mapan dari segi ekonomi terlebih lagi kalau mobil yang anda beli tergolong mewah.

Ada juga seorang wirausahawan/pemilik perusahaan menggunakan mobil mewah sebagai simbol kesuksesan dan alat untuk meyakinkan klien bahwa kerjasama yang dilakukan tidak main-main. Oleh karena itu apapun alasannya individu tersebut yang lebih tahu akan kebutuhannya.

Mobil Bekas Lebih Murah

Mengalami kesulitan untuk menabung demi membeli kendaraan baru bagi sebagian orang merupakan hal mengecewakan tapi tidak perlu khawatir ada solusi lain dengan membeli mobil bekas kondisi bagus dari segala sisi.

Asal anda memahami seluk beluk mobil dijamin tidak akan mengalami permasalahan dan tindak penipuan oleh orang kurang bertanggungjawab. Bisa juga kalian mengajak orang yang lebih paham mengenai otomotif seperti montir contohnya.

Teknologi Mobil Baru Canggih

Dari ke tahun selalu muncul teknologi canggih yang memudahkan para pengendara salah satu fiturnya adalah berhenti otomatis ketika pengendara mengantuk atau tertidur saat membawa mobil.

Fitur ini muncul dikarenakan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas yang merugikan diri sendiri maupun oranglain.

Dapat Dijadikan Alat Investasi

Kolektor mobil biasanya tidak memandang mobil tersebut tua atau baru yang terpenting secara keseluruhan masih bagus.

Semakin tua tahun mobil (tergantung merk) maka akan mempunyai nilai tersendiri apalagi kalau mobil tua suku cadangnya sangat langka didapatkan.

Faktor Cuaca

Manfaat lain memiliki kendaraan mobil yaitu terhindar dari hujan mau kemana pun tidak akan masalah lagi.

Bagian-Bagian yang Harus di Cek Sebelum Deal

Bagian-Bagian yang Harus di Cek Sebelum Deal

Wajib hukumnya untuk mengecek kondisi mobil sebelum deal dengan penjual, berikut adalah bagian-bagian yang harus di cek :

Body Mobil

Body mobil harus dalam kondisi bagus tidak pernah mengalami kecelakaan dan terkena banjir. Tak luput juga untuk memeriksa kaca mobil, kap dan pintu harus dalam kondisi orisinil.

Ruang Mesin

Buka kap mobil untuk memeriksa sekeliling ruang mesin apakah terdapat cat yang masih baru pada bagian tertentu, bila iya ada indikasi bahwa mesin tersebut pernah diturunkan mungkin pemiliknya pernah mengalami kecelakaan atau pernah terendam banjir.

Ciri-ciri mobil yang pernah terendam banjir :

  • Bau tidak sedap pada interior mobil
  • Cek lokasi anda membeli mobil memang daerah rawan banjir atau bukan
  • Elektronik rusak
  • Karatan
  • Mesin rusak
  • Reflector mobil ada kabutnya
  • Karet baru saja dilepas

Terlanjur membeli mobil bekas banjir? Berikut adalah daftar perbaikan agar mobil dapat berfungsi dengan normal :

  • Bagian eksterior dan interior
  • Sistem kelistrikan
  • Kerusakan mesin akibat water hammer

Kondisi Mesin

Sebelum anda berniat jual mobil second pastikan bahwa tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar. Pembeli cerdas harus mengecek satu persatu bagian mesin mobil untuk memastikan tidak ada rembesan oli atau cairan lainnya.

Tanyakan kepada penjual bila bagian mur dan baut ada cacat jangan sampai tertipu oleh penjual nakal yang berusaha menutupi kerusakan.

Starter Mobil

Suara mobil  yang halus menandakan bahwa kondisi mesin bagus dan terawat acnya pun dingin secara konstan tanpa tersendat-sendat apabila sebaliknya ada kemungkinan mobil jarang di servis secara berkala sehingga ada kotoran yang menyumbat kinerja mesin.

Indikator dan Speedometer

Mesin sudah dihidupkan cek kondisi indikator dan speedometer (menyala semua atau tidak), coba gas mobil secara perlahan kemudian lihat jarum RPM (pastikan jarum RPM naik dan turun secara stabil).

Suara Mesin

Dengarkan suara mesin dengan seksama wajar atau tidak, kalau tidak wajar akan terdengar bunyi gesekan plat besi dan suara ketukan dari dalam mesin ketika di gas.

Getaran Mesin

Getawaran tak wajar disebabkan oleh engine mounting yang bermasalah atau sistem kelistrikan yang tersendat.

Knalpot

Asap knalpot berwarna hitam = Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna

Asap knalpot berwarna putih = Terdapat campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin

Keuntungan Gadai dibandingkan Jual Mobil Second!

Keuntungan Gadai dibandingkan Jual Kendaraan

  1. Lebih cepat mendapatkan uang
  2. Kendaraan tetap bisa digunakan dan masih menjadi milik anda
  3. Pencairan besar
  4. Solusi cerdas mendapatkan uang ketika krisis dan terdesak
  5. Rate terjangkau bahkan ada yang bisa nego
  6. Pembayaran dapat dipercepat jika dirasa ada cukup uang

Dibadingkan harus menjual barang atau kendaraan pribadi waktu yang dibutuhkan cukup lama karena tidak semua orang ketika krisis seperti butuh mobil mereka lebih mementingkan kebutuhan pokok untuk beberapa bulan ke depan.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kendaraan

Pertimbangan Sebelum Membeli Kendaraan

  1. Biaya yang harus dikeluarkan
  2. Kelengkapan dokumen
  3. Tentukan mau beli secara cash atau kredit
  4. Cari informasi lengkap mengenai mobil yang anda incar
  5. Tentukan ingin membeli melalui dealer atau perorangan
  6. Jangan lupa test drive

Setelah mengetahui keuntungan gadai daripada jual mobil second ditengah krisis seperti ini, masihkah terlintas untuk menjualnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only