5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Perlu Anda Ketahui (Wajib)

dana tunai

Membuka bisnis tentulah tidak mudah, banyak yang wajib dipersiapkan mulai dari ijin, barang, tempat hingga dan tak kalah penting adalah modal guna membangun suatu bisnis.

Modal usaha bisa anda dapatkan dari tabungan tetapi tidak semua orang dapat menabung. Beberapa ada yang baru saja ingin memulai karir wirausaha mereka dari nol tanpa pengalaman ataupun modal.

Lantas, bagaimana caranya untuk mendapatkan modal usaha anda?

Salah satu solusinya adalah mengajukan dana tunai sesuai catatan yang anda miliki sebelum menentukan bidang usaha dan dan berapa biaya operasionalnya.

Pengertian Dana Tunai

pinjaman dana tunai tanpa jaminan pribadi

Merupakan produk pembiayaan masyarakat demi menunjang kebutuhan utama atau mendesak agar segera bisa terpenuhi.

Lantas mana yang cocok untuk modal usaha anda? Tidak perlu khawatir, berikut kami rangkum berbagai jenis dan manfaatnya, sebagai bahan pertimbangan calon konsumen.

Dana tunai tanpa agunan

Lebih dikenal sebagai kredit tanpa agunan (KTA) merupakan pinjaman yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah dalam waktu cepat. Peminatnya cukup banyak karena dianggap mudah dalam pengajuan.

Padahal dibalik semua itu dibutuhkan waktu yang cukup lama dan bunga KTA cukup besar dibandingkan menggunakan agunan.

Jika anda menggunakan pinjaman ini anda tidak perlu menjaminkan asset sebagai agunan. Anda hanya diwajibkan untuk untuk memilki kartu kredit dari bank setempat saja dan membayar kredit tersebut tepat waktu.

Peminjam sendiri bebas menggunakan ataupun mengajukan ini untuk alasan apa saja dan biasanya calon debitur memanfaatkan untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif seperti untuk kebutuhan sehari-hari, pendidikan ataupun uang untuk berobat.

Pertanyaannya sekarang apa bisa KTA digunakan untuk keperluan modal bisnis? Jawabanya bisa saja. Tetapi alangkah lebih baiknya anda menggunakan agunan karena plafon lebih besar dan bunga ringan lain.

Dana tunai dengan agunan

Berbeda dengan sebelumnya, loan jenis ini mengharuskan anda untuk menjaminkan asset ke kreditur (lembaga keuangan).

Anda dapat mengajukan pinjaman dengan agunan di lembaga keuangan bank, non-bank, leasing, hingga penggadaian. Perbedaan signifikan antara pinjaman ini dengan KTA lebih ke plafon (pencairan dengan agunan lebih besar).

Biasanya demi menunjang usahanya/memperluas bisnis, wirausahawan selalu menggunakan jaminan BPKB Mobil atau Sertifikat, sedangkan jika baru memulai mereka terbiasa menggunakan BPKB Motor. Ingat setiap orang berbeda-beda dalam penggunaan uang tunai sebab keperluannya berbeda-beda.

Namun tergantung dengan nilai asset yang anda miliki, diliaht kembali dari faktor pajak mati/hidup serta asset atas nama sendiri atau bukan.

Prosesnya sendiri memakan waktu lebih lama dibandingkan KTA dikarenakan ada proses appraisal dimana pihak bank atau lembaga peminjaman akan menilai harga asset yang anda jaminkan sebelum memberikan uang yang anda pinta.

Kalau di lembaga keuangan Bank harus di cek terlebih dahulu riwayat pembayaran kreditnya.

Pinjaman ini sendiri biasanya diperuntukan untuk orang-orang yang memerlukan dana besar entah itu untuk usaha, berobat, biaya pendidikan dan sejenisnya.

Dana tunai untuk usaha

dana rupiah

Diperuntukkan bagi anda yang ingin menjalankan bisnis maupun usaha kecil-kecilan. Masyarakat menyebutnya sebagai KUR atau Kredit Usaha Rakyat dan KUM atau kredit Usaha Mikro.

Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan suatu pinjaman pembiayaan yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha mikro dan mengenai. Untuk mengajukan kredit usaha rakyat peminjam diharuskan melampirkan surat izin usaha perdagangan atau SIUP.

Produk peminjaman ini sendiri sebenarnya merupakan kebijakan pemerintah Indonesia untuk membangun lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memberantas kemiskinan. Info lengkap mengenai Kredit Usaha Rakyat, bisa baca selengkapnya disini.

Maka dari itu pemerintah berusaha meningkatkan pembiayaan pinjaman usaha mikro kecil, menengah dan koperasi atau dikenal sebagai UMKMK.

Jenis KUR sendiri dibagi menjadi 3 bagian, pertama adalah KUR Mikro untuk pengusaha mikro dengan maksimal funding sebesar Rp 25 juta dan tenor maksimal tiga tahun bisa menggunakan agunan atau tidak

Kedua ada KUR Ritel yang besaran plafon sebesar RP 25 juta sampai RP 500 juta. Biasanya pinjaman KUR ini untuk jenis usaha menengah dan harus menyertakan agunan.

Terakhir, KUR TKI. dana tunai sebagai modal bagi warga Negara Indonesia yang akan kerja diluar negeri.

Selain itu uang pinjaman ini juga bisa djadikan modal usaha keluarga TKI dikampung dengan plafon maksimal sebesar Rp 25 juta dengan tenor sesuai dengan masa kontrak kerja dinegara tempat mereka mencari nafkah.

Kredit Ultra Mikro (UMi)

Pemrakarsa Kredit Ultra Mikro adalah PT Penggadaian dan PT penanaman modal madani pada tahun 2017 yang lalu.

Perbedaan UMi dan UKM adalah target dari pinjaman dana tunai UMi sendiri. UMi lebih dikhususkan untuk debitur yang mempunyai usaha mandiri, seperti tukang bakso ataupun pedagang-pedagang kecil.

Plafon maksimal yang bisa didapat dari pinjaman ini sendiri berkisar Rp 10 juta dengan tenor selama 48 bulan.

Jika cicilan anda lunas, maka debitur dinilai layak mendapatkan KUR. Pinjaman UMi sendiri hanya tersedia di lembaga keuangan dan bukan di bank.

P2P Lending

uang teman

Dana tunai P2P Lending atau peer to peer diprakarsai oleh perusahaan start up yang berfokus dibidang financial technology atau fintech.

Pinjaman P2P mempunyai konsep mempertemukan pihak debitur dan kreditur dimana kreditur berperan sebagai seorang investor.

Calon nasabah kebanyakan merupakan pengusaha yang membutuhkan modal kecil sampai besar untuk memperluas usahanya namun terkendala uang. sedangkan pemberi pinjaman merupakan para individual yang ingin menanamkan uang mereka dibisnis calon debitur.

Berharap modal tersebut memberikan keuntungan satu sama lain (balik modal). Dalam Peer To Peer Lending dua pihak mendapatkan profit sepadan.

Peminjam tentu sudah pasti akan mendapatkan uang yang mereka inginkan dalam waktu cepat dan sebagai imbalan sang peminjam akan mendapatkan hasil dari uang beserta bunga sesuai tingkat resiko.

Selain itu dapat dicairkan perbulan atau dalam waktu tertentu layaknya deposito atau reksadana dan saham.

Dana Tunai dengan modal KTP

tunaiku

Pinjaman ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pinjaman KTA, perbedaaannya terletak pada syarat, ketentuan dan prosedur yang terbilang lebih mudah dengan hanya melampirkan kartu tanda penduduk atau KTP.

Produk pinjaman macam ini biasanya difasilitasi oleh perusahaan startup fintech. Seperti KTA, produk pinjaman ini memiliki plafon bervariasi, maksimal uang yang anda bisa pinjam hanya Rp 10 juta.

Pengajuan jenis ini sangat cocok untuk para debitur yang memang membutuhkan dana tunai cepat untuk keperluan mendadak.

Untuk mengajukan anda hanya perlu mengakses situs pinjaman dan mengupload persyaratan, menunggu beberapa hari dan jika pengajuan peminjaman anda disapprove, uang anda akan cair dalam hitungan menit.

Tapi jika saat penguploadan data tidak pas, buram atau pencahayaan terlalu gelap itu juga bisa mempengaruhi pengajuan.

Perlu di ingat pinjaman ini memiliki bunga yang cukup tinggi, beberapa diantaranya memiliki rate 1 persen perhari dan bahkan lebih besar daripada itu.

Maka dari itu, jika anda menggunakan pinjaman ini, anda dianjurkan untuk membayar pinjaman tepat waktu.

Bagaiman sudah menentukan mau melakukan permohonan dana tunai dengan jaminan atau tidak? Lihat kembali kemampuan anda dalam memilih tenor atau jangka waktu. Mau mempercepat pembayaran agar langsung lunas dan tak menunggak?

Kami menyediakan fasilitas pembayaran dipercepat bila sudah mampu melunasi, sebaiknya langsung lakukan daripada menunda terlalu sering bisa membuat lupa dan terkena denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only