Sekilas Tentang Uang Elektronik dan Manfaat Penggunaannya

uang elektronik

Sekarang ini zaman dan teknologi sudah semakin maju dan berkembang secara pesat, sehingga tak heran jika dunia keuangan juga semakin berkembang.

Salah satunya adalah alat pembayaran, atau uang. Dimana untuk bisa membayar berbagai macam kebutuhan, sekarang ini tidak harus menggunakan cash.

Karena untuk dapat menikmati transaksi tanpa perlu repot dan juga ribet sudah cukup mudah. Sekarang ini Anda bisa menggunakan uang elektronik atau juga disebut dengan e-money.

E-money sendiri mempunyai nilai yang tersimpan maupun prabayar. Selain itu juga mulai berkembang secara praktis dan efisien untuk digunakan.

Pengertian dan Fungsinya

manfaat uang elektronik

Definisi dari e-money ini sendiri juga terdiri dari beberapa macam, dimana sebagai sebuah alat pembayaran yang telah memenuhi beberapa unsur seperti berikut ini:

  1. Diterbitkan karena dasar nilai uang yang mana disetorkan terlebih dulu oleh para pemegang kepada setiap penerbit.
  2. Kemudian nilai dari uang yang disimpan secara elektronik di dalam sebuah media seperti chip ataupun server.
  3. Digunakan menjadi sebuah alat pembayaran kepada para pedagang yang bukan merupakan penerbit dari alat tersebut.
  4. Selain itu juga nilai dari e-money yang disetorkan oleh pemegang dan juga dikelola oleh pihak penerbit bukan merupakan sebuah simpanan sebagaimana yang dimaksudkan di dalam undang – undang yang mengatur tentang perbankan.

Uang elektronik ini juga memiliki beberapa jenis seperti e-money registered yaitu terdapat data identitas dari pemegang yang terdaftar di dalam penerbit e-money itu sendiri.

Selain itu juga ada e-money unregistered yaitu data identitas dari pemegang tidak terdaftar.

Untuk sekarang ini uang jenis elektronik juga menjadi salah satu bukti jika kemajuan teknologi sudah semakin pesat dan ini menjadi pilihan banyak masyarakat.

Alasannya adalah lebih praktis dan juga efisien untuk bisa digunakan. Dan penggunaannya sendiri secara umum menggunakan koneksi internet maupun scan saat digunakan sebagai alat transaksi.

Lalu apa saja manfaat dari e-money itu sendiri? Sebenarnya ada banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Uang Elektronik Membantu Meminimalisir Pembawaan Uang Tunai

e money

Jika Anda menggunakannya untuk melakukan sebuah transaksi, tentu saja nantinya kita bisa meminimalisir untuk membawa cash yang terlalu banyak.

Bahkan jika melakukan transaksi apapun juga tidak akan repot karena nantinya hanya perlu menggunakan aplikasi pada smartphone serta tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

Sehingga pada saat bepergian maupun belanja, nantinya tidak perlu lagi repot seperti dulu. Hanya perlu membawa kartu maupun menggunakan aplikasi smartphone di dalam proses pembayarannya.

Menghemat Waktu Pembayaran

Kemudian juga dapat menghemat waktu dari pembayaran, dalam artian kecepatan payment menggunakan e-money ini memang relatif lebih efektif serta dapat menghemat waktu di dalam belanja.

Pada saat melakukan pembayaran, nantinya Anda tidak harus menghitung uang cash serta menunggu kasirnya untuk memberikan kembalian.

Selain itu juga bisa digunakan untuk membeli barang lain, dan memang manfaat dari e-money ini di beberapa provider juga bisa digunakan untuk bayar uang parkir.

Sehingga nantinya Anda tak perlu khawatir jika tidak mempunyai uang recehan untuk membayar parkir.

Lebih Aman Dan Akurat Saat Digunakan

cara menggunakan uang elektronik

Manfaat selanjutnya adalah pembayaran menggunakan uang elektronik juga dinilai lebih aman dan akurat.

Fungsi dari e-money ini sendiri memang bisa dibilang sama denga manfaat dari uang cash. Dimana untuk melakukan transaksi pembayaran apapun itu.

Dan jika e-money ini mempunyai sistem yang terbilang lebih akurat serta efisien. Hal tersebut karena sudah dioperasikan dengan menggunakan sistem mesin ataupun koneksi internet.

Dengan demikian nantinya Anda tidak perlu lagi khawatir dengan adanya kelebihan maupun kekurangan di saat melakukan pembayaran atau transaksi.

Karena setiap transaksi yang Anda lakukan nantinya akan terhitung dengan otomatis serta untuk perhitungannya juga tepat.

Mendapatkan Banyak Diskon

Tidak hanya memperoleh berbagai macam kemudahan saja, jika Anda menggunakan e-money nantinya juga bisa dimanfaatkan seperti menabung.

Dalam artian biasanya provider tersebut akan memberikan suatu promo menarik seperti diskon maupun cashback saat Anda belanja dan juga bertransaksi menggunakan layanan milik mereka.

Dan pada saat bertransaksi, nantinya Anda tidak perlu untuk membayar secara penuh serta memperoleh berapa persen dari total belanjaannya yang uangnya kembali. Sehingga nantinya uang dapat terkumpul kembali.

Kemudahan Dalam Pembayaran Transportasi Umum

dompet digital

Salah satu manfaat dari adanya uang elektronik ini juga kemudahan pada saat menaiki transportasi umum.

Contohnya saja seperti Transjakarta, kemudian commuter line dan yang lainnya. Anda tidak perlu lagi untuk melakukan sebuah transaksi pembelian tiket di sebuah loket.

Anda hanya perlu untuk mengetap kartu di mesin reader pada pintu masuk dan juga keluar. Dengan demikian seketika transaksi yang Anda lakukan selesai dilakukan.

Bahkan tidak hanya itu, karena sekarang ini hampir dari semua gerbang tol juga memberikan layanan pembayaran dengan menggunakan e-money sebagai alat pembayarannya.

Melihat Riwayat Transaksi

Lalu manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan e-money dalam kehidupan sehari – hari adalah Anda bisa melihat riwayat transaksi.

Dimana nantinya riwayat transaksi dapat tercatat dengan baik dan runtut. Selain itu juga akan langsung terekam otomatis di aplikasi maupun mesin yang digunakan.

Baik itu transaksi dengan menggunakan nominal kecil sampai dengan besar. Jadi nantinya jika terjadi suatu hal yang mencurigakan semua riwayat dapat terekam dengan baik dan Anda bisa selalu mengetahuinya.

Dapat Digunakan Untuk Belanja Online

Dan untuk Anda yang gemar belanja online, sekarang dengan adanya uang elektronik akan jauh lebih mudah.

Dimana sekarang ini untuk bisa beli barang tidak perlu harus mendatangi mall, toko ataupun tempat lainnya.

Karena kehadiran dari sebuah situs serta aplikasi belanja online, sekarang ini kita mampu memilih berbagai macam barang dan juga kebutuhan secara lebih mudah hanya menggunakan gadget yang dimiliki.

Selain itu perkembangan dari situs dan aplikasi untuk belanja online juga semakin pesat. Dengan demikian Anda tidak harus repot melakukan pembayaran melalui ATM saat belanja.

Hal tersebut karena sekarang ini hampir semua layanan belanja online telah mempunyai fitur e-money yang memiliki banyak sekali manfaat.

Jadi itulah beberapa benefit yang bisa didapatkan dari sebuah e-money yang perlu Anda ketahui.

resiko penggunaan uang elektronik adalah

Kehadiran dari jenis uang satu ini memang sangat menguntungkan dan juga didukung oleh pemerintah.

Hal tersebut karena uang elektronik ini bisa digunakan sebagai pengganti uang tunai. Dan jenis dari uang ini sangat diharapkan dapat membantu pemerintah untuk bisa memantau serta mengendalikan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Dengan mengontrol jumlah dari uang yang beredar di kalangan masyarakat, tentu saja pemerintah akan lebih mudah di dalam menjaga inflasi.

Dengan demikian akan dapat memberikan sebuah dampak perekonomian yang positif secara keseluruhan untuk negara. Jadi nantinya akan sangat bermanfaat untuk semua pihak.

Sekarang sudah banyak layanan fintech memudahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan transaksi finansial.

Apabila Anda butuh pinjaman uang dengan gadai BPKB mobil, motor atau sertifikat rumah / ruko.

Segera hubungi tim inafina untuk proses cepat tanpa BI Checking. Bunga dipastikan paling ringan, proses tercepat serta prosedur termudah.

Buktikan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only