Tips Sukses Bangkit dari Kebangkrutan

Tips Sukses Bangkit dari Kebangkrutan

Tips Sukses Bangkit dari Kebangkrutan. Perjalanan karir dan bisnis tidak selamanya berjalan mulus sesuai keinginan kadang kala ada pasang surutnya.

Kurang mampunya mengendalikan diri ketika sedang berada diatas (terlalu senang) dan sangat terpuruk (saat bangkrut).

Mental calon pengusaha yang hanya ingin hasil instan karena berpikiran menjadi wirausaha dapat duduk manis sepanjang hari dan profit datang sendiri merupakah awal kebangkrutan tanpa disadari.

Awal membangun usaha para calon pengusaha ada yang tidak tidur sama sekali dikarenakan harus memikirkan proses eksekusi jauh sebelum proses tersebut persiapan budget tak kalah penting.

Prinsip mental baja harus ditanamkan sejak dini bila anda memang berniat membangun bisnis, hindari keinginan untuk kaya instan, hal itu sudah menunjukkan bahwa anda tak cocok menjadi pengusaha walaupun mempunyai modal besar.

Bermimpi besar merupakan hak semua orang namun yang terpenting temukan cara untuk segera bangkit.

Bukannya untuk malah buntung kurangnya kemampuan berbisnis sehingga kehilangan banyak uang kemudian timbul depresi berkepanjangan. Ingat tidak ada seorang pun menginginkan bisnis yang dirintisnya harus gulung tikar.

Lain ceritanya kalau bisnis sudah berjalan bertahun-tahun tiba-tiba mengalami pailit dan bangkrut bila anda tipikal pengusaha pantang menyerah seketika langsung bangkit untuk kembali produktif menciptakan inovasi-inovasi terbaru.

Inilah cara-cara memunculkan pikiran kreatif untuk menciptakan inovasi terbaru dari bisnis anda :

  • Mengetahui Kegiatan yang Meningkatkan Semangat

Mendengarkan musik, membaca buku, meminum secangkir kopi atau mungkin berolahraga? Hobi atau kegiatan yang anda senangi tersebut bisa memberikan kesenangan dan membangkitkan semangat. Terkadang di sela-sela aktifitas ide baru akan muncul sendirinya.

  • Pertahankan Rasa Penasaran Anda

Berawal dari rasa penasaran membuat anda gigih untuk mencari tahu, menggali informasi dan bereksperimen.

  • Temukan Ide dan Catat

Temukan Ide dan Catat

Ide suka datang tiba-tiba sebaiknya anda catat di kertas atau note di smartphone agar tidak lupa, amat disayangkan kalau ide cemerlang yang muncul hanya lewat saja.

  • Fokus

Fokus terhadap kegiatan yang sedang dikerjakan hindari multitasking karena tidak semua orang bisa membagi fokusnya ke beberapa hal.

  • Berikan Ruang di Pikiran untuk Proses Refleksi dan Introspeksi

Instrospeksi diri setiap bulan dan ingat perubahan positif dan negatif apa yang ada di dalam diri anda, jika perubahan positif lebih banyak pertahankan.

  • Bersyukur

Bersyukur dalam berbagai hal juga bisa memunculkan ide kreatif, manfaat lain jika kita mempunyai sifat selalu bersyukur :

Memberikan perasaan nyaman

Menciptakan emosi positif

Membentuk pola pikir yang sukses

terhindar dari penyakit mematikan

  • Respect

Saling menghormati orang lain (karyawan, pembeli, dan orang-orang sekitar) seringnya bertemu dan intens melakukan percakapan dengan mereka menerima kritik dan saran yang membangun dapat mendorong bisnis anda ke arah yang lebih.

  • Jangan Pikirkan Omongan Negatif Orang Sekitar

Ini kebalikannya dari kritik dan saran yang membangun, omongan negatif dari orang sekitar bila kita tidak kuat mental akan mematikan bisnis.

Abaikan segala omongan negatif mereka dan buktikan bahwa apa ya anda lakukan akan memberikan manfaat untuk oranglain juga.

  • Self Reward

Memberikan penghargaan kecil untuk diri sendiri ketika mencapai keberhasilan kecil, perayaan ini membuktikan bahwa anda menghargai kerja keras dan hasil sekecil apapun. Pentingnya self reward baca selengkapnya disini!

  • Berani Ambil Resiko

Berani Ambil Resiko

Lebih baik mencoba tapi gagal atau hanya memendam ide cemerlang di dalam otak? Rata-rata pengusaha pemula takut untuk mengambil resiko dan mengalami kerugian padahal belum di terapkan.

Agar bisnis berkembang pesat ambilah resiko jangan hanya berdiam diri melihat keberhasilan kompetitor.

  • Beristirahat yang Cukup

Kurangi memforsir tubuh dan otak, berpikir terlalu berlebihan nantinya bukan memunculkan ide kreatif tapi malah mengalami sakit kepala.

  • Berpikiran Terbuka

Sebelum lanjut membahas tips sukses bangkit dari kebangkrutan, poin terakhir mengenai cara memunculkan pikiran kreatif, penting untuk diperhatikan yaitu berpikiran terbuka.

Setiap orang mempunyai pendapat berbeda-beda, perbedaan tersebut bisa mendatangkan inovasi kalau anda tipikal orang yang berpikiran terbuka tanpa menghakimi orang lain.

Ciri-ciri orang yang berpikiran terbuka :

  • Menilai kondisi dari berbagai sisi
  • Tidak mudah berprasangka buruk
  • Lebih optimis
  • Pandai mendeteksi permasalahan
  • Mampu membedakan argumentasi logis dan tidak logis
  • Mampu membedakan kritik membangun dan menjatuhkan
  • Mencoba terlebih dahulu berkomentar

Tips Sukses Bangkit dari Kebangkrutan

Tips Sukses Bangkit dari Kebangkrutan bisnis

  • Menerima Keadaan

Orang yang sukses dalam berbisnis telah mampu mengatasi kegagalan, mereka adalah orang-orang terpilih. Tegar dan menerima keadaan merupakan kunci pertama untuk bangkit dari kebangkrutan,

Menerima kenyataan disini bukan berarti hanya meratapi nasib dan berpasrah diri tanpa berbuat apa-apa tapi lebih tepatnya adalah menyadari kegagalan tersebut.

  • Berpikiran Positif

Mengubah pola pikir lebih ke arah positif contohnya hari ini jualan sepi tapi siapa tahu esok hari akan ramai. Pengusaha sukses selalu melangkah maju ke depan menjadikan kegagalan sebagai bahan pembelajaran.

  • Mempelajari Kegagalan

Tips sukses bangkit dari kebangkrutan ketiga ialah mempelajari kegagalan. Apa yang menyebabkan anda gagal? Pengaturan keuangan yang salah atau strategi pemasaran buruk? Jika sudah ditemukan permasalahannya temukan solusi untuk mengatasinya.

  • Tambah Wawasan

Ilmu terus berkembang seiring berjalannya waktu anda sebagai pengusaha wajib menambah wawasan demi kelancaran bisnis jangan cepat merasa puas.

  • Menemukan Peluang

Setiap kegagalan yang diperbaiki akan menciptakan peluang baru, anda setuju? Gunakan imajinasi anda untuk membuat inovasi produk, jasa atau teknik marketing yang berbeda dari kompetitor.

  • Ikuti Perkembangan Jaman, Jangan Menolak!

membangun usaha dari kebangkrutan

Jangan sampai ketinggalan jaman ikuti perubahan yang sesuai dengan jenis bisnis, jika tidak kompetitor akan semakin di depan.

Kini semua sudah dimudahkan dengan teknologi dan internet, bagi mereka yang menolak kehadiran teknologi akan sulit untuk beradaptasi.

Apalagi di dunia bisnis kurang wawasan = usaha bangkrut, kini pun kami memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi untuk membantu orang-orang yang terkendala kebutuhan dana atau modal usaha agar bisa berjalan lancar sebab modal uang merupakan faktor pendukung utama.

  • Manfaatkan Jam Kerja dengan Optimal

Produktif dengan sok sibuk 2 kondisi berbeda, orang sok sibuk hasilnya tidak optimal dibandingkan orang yang benar-benar memanfaatkan waktu dan hasilnya maksimal.

Pekerjaan sudah selesai? Mereka mencoba mengeksplor sesuatu yang baru atau tidur untuk menjernihkan pikiran.

  • Meminjam Dana untuk Kepentingan Bisnis

Hutang produktif jauh lebih berguna dibandingkan hutang konsumtif jika peminjaman dana untuk kepentingan bisnis tentukan berapa uang yang diperlukan. Bagaimana mendapatkan dananya? Mudah hubungi saja tim kami untuk info dan proses berikutnya akan di arahkan oleh tim lapangan.

Masih ada sisa lebih? Simpan, investasikan atau jadikan dana darurat. Setelah mendapatkan profit segera lunasi cicilan.

  • Bangun Relasi Sebanyak Mungkin

Ikuti komunitas bisnis, seminar atau perkumpulan wirausahawan yang sesuai dengan minat anda. Anda bisa bebas bertukar pikiran, wawasan, pengalaman atau mungkin menjadi partner. Ini merupakan tips sukses bangkit dari kebangkrutan terakhir semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only