Tipe-Tipe Kewirausahaan, Termasuk ke dalam Tipe Mana Anda?

tipe-tipe kewirausahaan

Tipe-tipe kewirausahaan merupakan pengklasifikasian jenis pelaku usaha apakah termasuk investor atau pemilik bisnis.

Sebab walaupun bukan pemilik usaha (owner) kita tetap bisa ikut terlibat secara tidak langsung dengan memiliki sahamnya.

Banyak tipe kewirausahawan yang patut kita ketahui, dunia bisnis itu sangat luas untuk ditelusuri dan dipelajari ilmunya mengingat perkembangan informasi sekarang ini amat dinamis.

Semakin banyaknya lapangan pekerjaan dapat mengurangi tingkat pengangguran ini baru salah satu dampak positif dari hadirnya wirausahawan muda atau pemula.

Dibutuhkan mental kuat untuk menjadi wirausahawan sukses banyak sekali tantangan yang harus dihadapi selain dari faktor kompetitor perlunya sebuah inovasi terkini.

Latar Belakang Seseorang Menjadi Wirausahawan Serta Tipe-Tipe Kewirausahaan

sikap dan perilaku kewirausahaan

Tidak semua orang yang menjadi wirausahawan 100% berasal dari keluarga seorang pengusaha atau memang bercita-cita sejak awal ingin menjadi wirausahawan tetapi ada juga yang berasal dari karyawan kantoran.

Lebih jelasnya mari kita simak latar belakang seseorang menjadi wirausahawan :

Confidence Modalities

Dibesarkan oleh keluarga pengusaha sehingga menjadi pengusaha merupakan tradisi turun temurun. Agar tidak lengah beginilah cara mempertahankan penjualan, selengkapnya disini!

Tension Modalities

Kondisi yang menyudutkan dan menekan seseorang untuk menjadi pengusaha, tekanan-tekanan tersebut andata lain : 1). Marginal – Man Status; 2). Traditional Status; 3). Skilled Technician Status.

Masih bingung?

Marginal – Man Status : kondisi dimana status ekonomi dan sosial seseorang tidak jelas, sehingga untuk merubah hidupnya di ambillah status jalur pengusaha demi medapatkan hidup layak.

Traditional Status : kelompok elit yang enggan bekerja dibawah perintah sehingga memilih untuk membangun usaha.

Skilled Technician Status : adanya keterampilan yang dimiliki menjadi faktor pendorong ia menjadi seorang pengusaha. Misalnya anda jago dalam membuat konten dan juga pernah bekerja di posisi content writer, kemudian anda memutuskan untuk membuat perusahaan kecil-kecilan dibidang content untuk mempermudah klien dalam mengisi blog perusahaannya tanpa susah payah.

Baca Juga : Cara Mudah Cari Modal Usaha untuk Memulai Bisnis yang Maksimal

Emotion Modalities

Maksudnya adalah orang tersebut memang sudah menyiapkan mental untuk menjadi pengusaha tanpa paksaan. Orang ini tidak berasal dari keluarga pengusaha sama sekali dan sebenarnya bisa memilih pekerjaan apa saja. Hal yang mendorong kondisi ini adalah :

  • Modal sukses
  • Kultur atau kondisi lingkungan sekitar
  • Ideologi

Tipe-Tipe Kewirausahaan

tipe tipe manusia dalam berwirausaha

Mari kita simak beberapa tipe-tipe kewirausahaan agar kita semakin memahami tentang dunia bisnis.

Penasehat. Jasa konsultan juga banyak dicari karena pengalaman dan pendidikan sesuai bidangnya contohnya konsultan keuangan hadir ditengah masyarakat karena dirasa masih ada orang yang belum paham bagaimana mengelola keuangan dengan benar dan tepat.

Tugas penasehat adalah memberikan beberapa solusi untuk para klien sebelumnya anda juga harus jujur mengenai keuangan pribadi, keuangan kelaurga, hutang dan lain-lain.

Organisator. Event organizer bertugas untuk memantain dan mengatur jalannya suatu acara agar berjalan lancar, sehingga klien yang super sibuk tidak usah pusing.

Creator. Orang yang kreatif melihat peluang bisnis, mereka harus mampu menciptakan produk yang belum pernah ada sebelumnya namun akan memberikan manfaat untuk orang banyak.

Care Taker. Tipe ini bergerak dibidang perkebunan perlu ketekunan, kesabaran dan kosnsisten untuk membangun bisnis.

Communicator. Pintar dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan, penyampaian infomasi harus jelas dan persuasif agar mereka tertarik.

Entertainer. Bidang entertainer sifatnya menghibur seperti aktor, aktris, penyanyi dan komedian memberikan sesuatu yang positif kepada masyarakat.

Investor. Orang yang menanam modal kepada perusahaan (bidang apapun) tujuanya agar uang tersebut berlipat ganda tanpa harus bersusah payah terlibat langsung cukup dengan melihat laporan keuangannya sudah bisa terlihat untung ruginya.

Seller. Sebenarnya ini hampir sama dengan communicator membuat calon pelanggan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa, perbedaannya terletak pada target penjualan setiap bulan.

Engineer atau Technology. Usaha dibidang teknik bisa teknik industri, otomotif atau lainnya.

Dari beberapa tipe-tipe kewirausahaan diatas termasuk ke dalam tipe mana?

Ritual Para Wirausahawan Sukses

karakter wirausaha

Kesuksesan tidak dapat dibangun hanya dalam satu malam dan pentingnya sikap konsisten dalam mencapainya.

Para wirausahawan sukses mempunyai “ritual-ritual” penting yang tidak boleh dilewatkan, mungkin anda juga mau mengikutinya? Berikut adalah penjelasan singkatnya!

Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)

Siapa yang tidak mengenal beliau? Salah satu pendiri facebook dengan total kekayaan mencapai 33,4 Milyar dollar AS, apalagi kita tahu facebook sendiri sudah mengakuisisi whatsapp dan Instagram.

Ia selalu terbiasa untuk bangun pagi sekitar pukul 8 tanpa harus memusingkan gaya berpakaian, beliau lebih fokus kepada perkembangan perusahaannya. Tidak perlu heran kalau beliau selalu menggunakan pakaian yang sama setiap harinya.

Bill Gates (CEO Microsoft)

Setiap pagi Bill Gates melakukan olahraga kurang lebih satu jam. Beliau selalu mendengarkan seri-seri teaching company untuk melatih pikirannya agar semakin tajam.

Warren Buffet

Seorang milyarder warren buffet yang juga seorang CEO Berkshire Hathaway sangat hobi membaca jurnal wall street, koran USA Today dan majalah forbes.

Indra Nooyi (CEO PepsiCo)

Ceo perusahaan minuman ringan pepsi mempunyai sikap displin tinggi dan sangat ketat. Tidak mudah terlena terhadap kemewahan, sikap disiplinnya telah ia buktikan dengan bangun pagi setiap jam 4 pagi dan sampai kantor pukul 7 pagi.

Tory Burch (Fashion Designer, CEO dari Tory Burch LLC)

Kebiasaan yang dilakukan pengusaha dibidang fashion ini adalah bangun pukul 5.45. Tory Burch selalu membuka email yang berkaitan dengan bisnisnya terlebih dahulu, ia memprioritaskan email penting untuk segera di eksekusi demi mempermudah pekerjaannya.

Tak lupa juga ia membangunkan anak-anaknya dan menyempatkan diri untuk berolahraga selama 45 menit (berjalan cepat) tak heran kalau CEO yang satu ini mengantongi kekayaan sekitar Rp. 14,6 Triliun.

Robert Allan Iger

Sebagai eksekutif tertinggi di Walt Disney Company selalu bangun jam setengah 5 pagi karena ia menyakini bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengisi ulang baterai di dalam dirinya. Mulai dari olahraga, membaca koran, melihat email atau menonton TV ia lakukan.

Fakta yang Perlu Anda Ketahui Terkait Dunia Wirausaha

profil wirausaha

Tipe-tipe kewirausahaan sudah dibahas sekarang saatnya mengetahui fakta tekait dunia wirausaha :

  1. Untuk membangun bisnis dibutuhkan waktu yang tak sedikit
  2. Banyak hal yang harus dipelajari mulai dari perencanaan awal sampai eksekusi apalagi kalau anda menjalankan bisnis seorang diri
  3. Sebelum membangun bisnis dibutuhkan modal usaha entah paket internet sekalipun sudah tergolong modal
  4. Kegagalan bisa datang kapan saja
  5. Penghasilan tidak selalu besar lain halnya karyawan kantor yang setiap bulan sama
  6. Harus sabar menghadapi klien dan calon pelanggan karena watak tiap orang berbeda-beda
  7. Selalu belajar dari kegagalan
  8. Resiko tidak didukung keluarga atau orang terdekat pasti ada awalnya kecuali anda sudah membuktikan diri (sukses)
  9. Wajib berinovasi kalau tidak mau tertinggal kompetitor
  10. Siap menghadapi tantangan
  11. Tidak ada namanya cuti tahunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only