Pentingnya Survey Kendaraan Saat Pengajuan Serta Keuntungannya!

pentingnya survey kendaraan saat pengajuan

Seberapa pentingnya survey kendaraan saat pengajuan? Prosedur ini harus calon nasabah lewati untuk bisa mendapatkan dana pencairan. Tujuannya untuk apa? Nanti akan dibahas lebih lanjut.

Calon nasabah pasti selalu mengatakan “pasti akan dibayar angsurannya, tidak perlu takut”, proses survey itu harus dilakukan demi menghindari identitas palsu sebab kami tidak ingin ada kesalahpahaman.

Orang yang disalahgunakan datanya akan merasa dirugikan apalagi kalau kendaraan tersebut terindikasi barang curian sudah pasti melanggar hukum.

Pencegahan tersebut bisa teratasi dengan cara cek unit kendaraan dan dokumen di rumah nasabah. Maraknya kasus pengadahan dan pencurian kendaraan masih belum dapat diatasi.

Pernahkah tetangga atau rekan anda mengalami hal penipuan ketika membeli kendaraan tetapi ketika cek mesin nomor yang tertera di dokumen berbeda 100% dan saat menghubungi pihak penjual ternyata nomor sudah tidak aktif atau anda diblokir.

Pengecekkan ini aslinya juga menguntungkan anda bisa terhindar dari penipuan pembelian kendaraan.

Apalagi oknum nakal yang suka mengelabui pembeli yang tidak terlalu paham mengenai kendaraan dan bagi mereka tipe pembeli tersebut adalah sasaran empuk.

Bagi anda yang saat ini membeli kendaraan pribadi baik mobil atau motor disarankan untuk mengajak teman, tetangga atau saudara yang lebih memahami tentang mesin.

Pentingnya Survey Kendaraan Saat Pengajuan

cara survey nasaabah

Memiliki kendaraan pribadi siapa yang tidak ingin? Mempunyai kendaraan tidak harus membeli baru karena yang second pun juga masih ada yang bagus dari segi mesin dan interior.

Pernah terjadi case nasabah mengajukan dana tunai menggunakan BPKB kendaraan mobil saat dilakukan pengecekkan dokumen dan gesek mesin barulah diketahui kalau nomor seri berbeda, tim lapangan kemudian menanyakan kepada calon nasabah kapan dan dimana ia membelinya.

Baca Juga : Gadai Laptop 1 Jam Cair, Barang Antar Jemput dan Tanpa Perlu Survey!

Ternyata terkuaklah kalau penjual tersebut adalah seorang pengadah tapi orangnya enggan bertanggungjawab.

Jadi tidak selamanya survey itu menakutkan tetapi justru membantu sekali semua tergantung dari calon nasabah merespon.

Saat melakukan pengajuan kredit cepat berikanlah informasi yang benar dan lengkap karena kalau terjadi kekurangan akan kami berikan solusi dan maksimalkan bantu proses.

Surveyor lapangan harus mempunyai kualifikasi-kualifikasi dibawah ini :

  • Loyal, Jujur dan Berintegritas

Sifat loyal dan komitmen terhadap perusahaan harus ditanamkan, mengutamakan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadi dengan menyimpan informasi dan tidak membocorkannya kepada perusahaan lain yang satu bidang.

Jujur dalam menjalani tugas dan menolak uang “tips” dari nasabah serta benar-benar membantu nasabah karena kami tidak pernah menerapkan kepada tim lapangan untuk meminta biaya apapun ketika melakukan kunjungan ke rumah nasabah ketika jemput data.

Integritas tidak mudah terpengaruh ketika mendapatkan ajakan untuk berbuat curang oleh rekan lain. Alasannya dapat merugikan diri sendiri, perusahaan dan calon nasabah sendiri.

  • Ulet dan Mempunyai Kemampuan Observasi

Penggalian informasi dibutuhkan ketika verifikasi di lapangan yang dianggap penting mulai dokumen kendaraan sampai perbincangan mengenai bisnis atau pekerjaan calon nasabah.

  • Memiliki Kemampuan Komunikasi

Poin berikutnya adalah komunikasi, pentingnya survey kendaraan saat pengajuan adalah pemberian informasi dengan jelas kepada calon nasabah dan membangun hubungan baik wajib dilakukan oleh surveyor.

Keuntungan lain yang didapatkan calon nasabah adalah kendaraan yang dibeli memang bagus dan data-data kendaraan sesuai dokumen sah.

  • Mampu Mengenal Area Kerja

Mengenal wilayah tempat calon nasabah tinggal atau sebelumnya sudah mencari informasi melalui internet memudahkan surveyor untuk menjalankan tugasnya, mampu memangkas waktu diperjalanan agar dapat segera sampai dirumah nasabah merupakan poin penting karena dapat menunjukkan bahwa anda mengenal area kerja secara baik.

  • Mampu Membangun Relasi

Poin terakhir ini masih ada kaitannya dengan dengan kemampuan berkomunikasi demi menjalin hubungan baik selain itu agar surveyor bisa mendapatkan informasi lengkap lainnya dari calon nasabah.

Gagal Mendapatkan Uang Pinjaman? Salah Siapa?

cara mengetahui pengajuan kredit motor di acc atau tidak

Berkali-kali mengajukan ditempat lain dan ujung-ujungnya gagal? Rata-rata tingkat kegegalan mendapatkan uang dikarenakan calon nasabah. Kenapa bisa begitu? Berikut adalah beberapa penyebab yang paling sering terjadi :

  1. Sulit Dihubungi untuk Verifikasi

Calon nasabah yang sudah mengisi data ketika menghubungi admin langsung segera kam proses, pastikan data tersebut benar.

Sebab bisa memperlambat pemrosesan sampai pencairan dana tunai. Kesalahan sepele dan fatal ini peringkat satu paling sering terjadi mereka menganggap bahwa belum dihubungi padahal nomor yang diberikan salah.

  1. Pasangan atau Orangtua Tidak Boleh Tahu

Tidak mau berkordinasi dengan pasangan atau orangtua juga menjadi pemicu kedua gagalnya mendapatkan dana tunai, mereka ingin menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan pribadi bukan rumah tangga sehingga gagal mendapatkan pinjaman.

  1. Pemalsuan Data Diri

Untuk poin ketiga ini resikonya cukup besar karena bisa merugikan orang lain yang anda pakai datanya.

Anda harus menerima konsekuensinya bila orang tersebut merasa keberatan karena datanya disalahgunakan.

Menggunakan data orang lain tidak disarankan untuk menghindari penyalahgunaan dan apabila terkendala masalah pembayaran angsuran pihak pertamalah yang terkena imbasnya.

Untuk itulah pentingnya survey kendaraan saat pengajuan dan jemput data dirumah konsumen prosesnya sebenarnya sangat kilat setelah data oke langsung pencairan hari itu juga.

  1. Tidak Bisa Bekerjasama dengan Tim Lapangan

Dokumen atau data anda ada yang kurang? Pengajuan akan kami maksimalkan dan tetap bantu proses cepat namun dibutuhkan kerjasama yang baik antara surveyor dengan calon nasabah.

Beberapa calon nasabah yang sulit mengikuti prosedur akan terus mengalami kegagalan mendapatkan dana dimanapun.

Keperluan dana yang sifatnya darurat dan membutuhkan nominal besar tidak mungkin ditunda lagi. Anda bisa mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil atau SHM bila sedang membutuhkan uang segar dalam jumlah besar.

Pentingnya Survey Kendaraan Saat Pengajuan dan Parameter Umum Survey 

contoh pertanyaan survey kredit

Setelah kita mengetahui seberapa penting pengecekkan kendaraan, sekarang mari kita ulas parameter umum tim lapangan saat melakukan survey lapangan.

Lingkungan Tempat Tinggal

  • Durasi tinggal di wilayah tersebut
  • Status kepemilikan rumah milik sendiri atau tinggal ngontrak
  • Jumlah anggota keluarga
  • Kondisi rumah
  • Lokasi tempat tinggal menunjukkan kondisi lingkungan sekitar

Lingkungan Usaha

  • Berdirinya usaha tersebut sudah berapa lama
  • Status atau jabatan balon nasabah owner kah atau pekerja
  • Omset perbulan
  • Jumlah pekerja
  • Luas tempat usaha
  • Strategis atau tidak
  • Peralatan dan sarana yang dimiliki memadai atau tidak

Berdasarkan informasi diatas didapatkan hal-hal berikut ini :

  • Kebenaran lokasi tempat tinggal
  • Tingkat kesejahteraan calon nasabah
  • Beban rumah tangga / anggota keluarga yang harus dibiayai
  • Estimasi aset
  • Cash flow calon nasabah
  • Reputasi calon nasabah
  • Pola hidup dan pola lingkungan

Fungsi dan Tanggung Jawab Seorang Surveyor

proses kredit mobil setelah survey

Dibalik pentingnya survey kendaraan saat pengajuan, inilah beberapa fungsi dan tanggung jawab surveyor yang perlu anda ketahui :

  • Jemput data dan mengumpulkan informasi mengenai calon nasabah serta dokumen pendukung untuk dapat tetap memproses pengajuan
  • Tidak boleh memerima ataupun meminta uang tips dalam bentuk apapun
  • Bertanggung jawab atas validitas dokumen
  • Bertanggung jawab terhadap target pencapaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only