Pentingnya sebuah Sistem dalam Bisnis Anda

Pentingnya sebuah Sistem dalam Bisnis Anda - inafina.com
Pentingnya sebuah Sistem dalam Bisnis Anda – inafina.com

Sistem adalah satu di antara empat keunggulan kompetitif dalam bisnis. Sistem dapat didefinisikan sebagai sejumlah prosedur atau langkah untuk memastikan segala bentuk pengeluaran yang dapat diprediksi.

Belajar dari pengalaman, belajar dari uji coba dengan menggunakan perencanaan yang seksama, Anda dapat menggunakan sistem untuk memaksimalkan efisiensi dan meminimalkan pemborosan.

Pada saat mengembangkan bisnis dan bukan sekadar menjalankannya, yang pertama harus dilakukan adalah menerapkan sistem di setiap area bisnis yaitu penjualan, pemasaran, produksi, distribusi, dan sebagainya.

Dalam waktu tertentu bisnis harus dapat menjadi seperti sebuah mesin yang hanya membutuhkan penyesuaian untuk mengikuti perubahan yang terjadi di pasar, di lingkungan persaingan, dan berdasarkan permintaan pelanggan.

Sistem memberi peluang untuk memperoleh jenis kebebasan yang diinginkan. Dengan berpikir berdasarkan sistem, Anda akan memaksimalkan semua ide-ide bisnis cemerlang yang Anda miliki.

Sistem dapat memberikan hasil kerja bernilai tinggi pada orang lain dan dapat lebih fokus. Selain itu, sistem dapat menjadi pendongkrak untuk meraih kesuksesan yang lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Pentingnya sistem untuk menentukan kualitas pelayanan dan bisnis berulang

Sistem yang diterapkan akan menentukan aktivitas repetitif yang kompleks menjadi sederhana dan mudah.

Sistem dan prosedur, yang menetapkan apa yang harus dilakukan oleh para staf, akan membuat Anda mampu menjaga kualitas dan kinerja perusahaan agar selalu konsisten.

Seiring dengan kualitas yang konsisten akan muncul pelayanan yang sempurna dan akan semakin banyak tercipta bisnis berulang.

Sistem yang baik akan membuat tugas-tugas yang sulit dan kompleks menjadi mudah untuk dijalankan oleh para karyawan yang tidak ahli dan tidak berpengalaman sekalipun.

Sistem membuat bisnis tidak lagi bergantung pada siapa yang menjalankannya melainkan lebih bergantung pada proses mesin dan prosedur.

Meskipun pada umumnya prosedur lebih dapat diandalkan daripada manusia.

Keuntungan terbesar dan paling menghasilkan uang dari sebuah sistem adalah memudahkan untuk menarik dan melatih staf, karena lebih banyak tenaga kerja dengan keahlian rendah dibandingkan tenaga kerja berkeahlian tinggi akan memengaruhi penghasilan perusahaan.

Seorang member di inafina.com menyediakan jasa konsultasi keuangan dan pembuatan materi presentasi.

Dia seorang tenaga penjualan yang hebat dalam industri keuangan sekaligus orang yang sangat peduli dengan klien-kliennya.

Namun, dia tidak bisa membiarkan tenaga penjual lain yang pergi mendatangi klien-kliennya, karena dia tidak percaya pada pengetahuan dan pendekatan yang dilakukan oleh tenaga penjual lain.

Atas saran saya dia membuat sebuah daftar dan prosedur yang mengatur kontak dengan pelanggan, melengkapinya dengan pelatihan yang intensif, termasuk pelatihan dalam bentuk role play.

Dengan membuat sebuah sistem yang dapat diikuti oleh para tenaga pemasarannya, dia mulai percaya bahwa mereka mampu melakukan tugas itu dengan baik.

Saat ini, berkat sistem, pelatihan, dan prosedur yang saya sarankan dia telah memiliki tiga belas tenaga penjualan (bukan lagi satu orang) dan sebuah bisnis yang maju pesat tanpa dia harus selalu terlibat.

Menghasilkan uang dari sistem

Sistem dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan dalam menjalankan bisnis. Produk berkualitas tinggi dapat dihasilkan dari tenaga kerja murah, efisiensi dapat ditingkatkan karena para pegawai tahu akan tugas-tugasnya dan mereka melaksanakan dengan baik.

Bisnis percepatan seperti ini merupakan tonggak penting dalam mencapai keberhasilan finansial.

Mengenai konsep percepatan saya akan membicarakannya secara khusus pada artikel berikutnya. Saat ini saya hanya dapat mengatakan tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mempercepat   perkembangan bisnis Anda selain memiliki sebuah sistem yang baik.

Sistem yang baik memberi nilai tambah pada proses pembuatan produk yang bernilai tinggi namun berbiaya rendah.

Bisnis yang sudah tersistemisasi mudah untuk dijadikan bisnis waralaba karena telah bernilai puluhan bahkan miliaran rupiah.

Sistem akan membuat bisnis dapat beroperasi dan berfungsi secara mandiri serta menghasilkan keuntungan tanpa perlu mengeluarkan keringat.

Bisnis seperti ini akan menjadi sebuah mesin uang. Dan mesin uang merupakan sebuah aset yang mudah dijual, dimana para investor mau merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only