Kunci utama menjadi kaya adalah dengan memanfaatkan waktu

Kunci utama menjadi kaya adalah dengan memanfaatkan waktu - inafina.com
Kunci utama menjadi kaya adalah dengan memanfaatkan waktu – inafina.com

Kita semua sudah terbiasa dengan peribahasa “waktu adalah uang”, sehingga untuk mencapai hasil kerja yang maksimal dibutuhkan pula waktu yang cukup lama.

Untuk mencapai uang sebanyak puluhan juta hingga miliaran rupiah, biasanya orang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Paling sedikit, mereka membutuhkan beberapa hari atau mungkin beberapa minggu, atau bahkan beberapa tahun bagi kalangan tertentu.

Larry Levin dalam bukunya Emotion Free Trader membukakan fakta yang mengejutkan bahwa hal ini sama sekali tidak berlaku dalam trading.

Seorang trader bisa saja menciptakan (atau bahkan kehilangan) uang sebanyak jutaan, puluhan juta, ratusan juta, hingga miliaran rupiah dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya dalam hitungan jam atau menit, bahkan detik.

Untuk dapat menjadi seorang trader yang berhasil Anda harus benar-benar mempersiapkan mental Anda dalam menghadapi hal tersebut.

Masalahnya, banyak orang yang tidak terbiasa dengan hal tersebut dan mereka tidak siap mental karena pola pikir yang salah.

Kebiasaan dan didikan yang kita bawa sejak kecil, tanpa sadar telah membuat kita merasa “tidak layak” mendapat “durian runtuh” dalam waktu sesingkat itu.

Alam bawah sadar kita mengatakan ada yang salah jika kita memperoleh keuntungan spektakuler secepat itu. Walaupun terlihat sepele, namun hal ini akan menimbulkan permasalahan yang serius.

Kerja keras untuk menjadi kaya? Hanya itu?

Seperti halnya waktu, kita terbiasa mengaitkan jumlah uang yang kita peroleh dengan besarnya usaha yang kita lakukan untuk mendapatkannya.

Dalam pekerjaan sehari-hari, semakin rajin seseorang bekerja, semakin banyak hasil yang ia peroleh.

Hal ini sangat berbeda dengan kenyataan dalam dunia trading. Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa seorang trader dapat memperoleh ribuan bahkan jutaan dolar hanya dalam waktu yang sangat singkat dengan tenaga yang sangat minim, yaitu menganalisis dana menelepon broker atau order lewat online trading, menekan tombol keyboard atau mouse.

Hal ini terdengar aneh bagi banyak orang dan, yang lebih parah lagi, hal ini tidak sesuai dengan mental images mereka.

Masyarakat sudah terbiasa dengan bekerja 8 jam sehari, 5 sampai 7 hari seminggu untuk memperoleh uang. Gambaran itulah yang ada dalam benak masyarakat, yang mereka lihat sejak kecil hingga dewasa.

Gambaran tersebut membuat Anda merasa ada yang tidak beres jika ternyata Anda memperoleh uang dengan energi yang sangat minim. Oleh karena itu, kita harus mengubah gambaran yang salah itu.

Kita semua mempunya self image atau gambar diri tentang pribadi kita di alam bawah sadar. Gambar diri yang tertanam di benak kita mengendalikan hampir segala sesuatu dalam hidup kita.

Gambar diri adalah apa yang kita percayai atau yakini dalam hidup kita. Namun itu belum tentu benar, namun setidaknya diri menganggap dan meyakininya sebagai sesuatu yang benar.

Gambar diri kita mempunyai kekuatan yang luar biasa, jauh lebih besar dari yang dapat Anda bayangkan. Hal tersebut jauh lebih besar kekuatannya dari segala macam bentuk usaha untuk berhasil, misalnya dengan kemauan yang keras, berpikir positif, dan lain-lain.

Sebagai contoh, seseorang wanita gemuk tidak akan berhasil mengurangi berat badannya selama ia masih mempunyai gambar diri sebagai wanita gemuk.

Ketika ia mengubah gambar dirinya dan mampu melihat dirinya sebagai seorang wanita yang bertubuh langsing, maka tidaklah sulit untuk menurunkan berat badannya dan mewujudkan keinginannya menjadi wanita yang langsing.

Demikian pula dalam trading, Anda harus mengubah gambar diri atau self image Anda dengan benar, yaitu menjadi seorang trader yang layak memperoleh keuntungan spektakuler, tanpa memedulikan waktu dan keras atau tidaknya Anda bekerja.

Memang rasanya senang luar biasa ketika Anda mendapat profit yang spektakuler. Namun jauh di dalam alam bawah sadar, Anda tidak merasa benar sama sekali.

Jika alam bawah sadar kita merasa tidak nyaman saat kita memperoleh uang secepat itu, maka ia akan mengatakan pada diri Anda bahwa Anda tidak layak mendapatkan uang tersebut.

Alam bawah sadar yang super kuat itu akan mengesampingkan pikiran alam sadar Anda, dan mencari cara apa pun juga untuk mengembalikan uang itu.

Percaya atau tidak, hal itu akan terwujud melalui tindakan dan setiap keputusan yang Anda ambil. Alam bawah sadar kita mempunyai kekuatan yang luar biasa besar.

Bila Anda memiliki keyakinan atau pola pikir yang sangat kuat tentang diri Anda, alam bawah sadar Anda akan berjuang untuk mewujudkannya.

Hal itu terjadi dengan diawali oleh sikap trader yang merasa terlalu cepat atau terlalu mudah dalam memperoleh uang tersebut.

Mereka berpikir, “jika saya bertransaksi lebih lama lagi atau saya ulangi sekali lagi transaksi yang tadi, pasti saya akan mendapat keuntungan yang lebih banyak.”

Satu hal yang harus Anda sadari adalah market dapat mengambil uang Anda secepat dan semudah ia memberikannya kepada Anda.

Karena itulah Anda harus melindungi keuntungan yang telah Anda realisasikan. Jangan hanya karena market memberi Anda 30% profit dalam 2 menit, Anda mengira bahwa market akan melanjutkan rally dan memberi Anda keuntungan yang lebih besar lagi.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mempersiapkan mental.

Daripada terlalu berharap supaya market melanjutkan pergerakannya ke arah yang Anda inginkan, lebih baik Anda waspada dan mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi, karena market dapat melakukan apa pun termasuk mengambil keuntungan Anda dan mengubahnya menjadi kerugian.

Dengan mempersiapkan mental dalam menghadapi situasi tersebut, maka Anda telah melindungi modal dan keuntungan Anda.

Bisa saja market melanjutkan pergerakannya seperti yang Anda inginkan, namun jauh lebih penting bagi Anda untuk berfokus dan waspada jika sewaktu-waktu market berbalik arah.

Ingatlah bahwa bertindak secara bijaksana dengan melindungi modal Anda adalah seratus kali lebih penting ketimbang mengejar keuntungan.

Jangan terjebak dalam pemikiran bahwa market harus melanjutkan rally karena ia telah memberi Anda keuntungan besar sejauh ini.

Market tidak memiliki kewajiban apa pun untuk menuruti kemauan Anda. Siapkan diri Anda untuk menghadapi segala kemungkinan dan Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk merealisasikan dan melindungi profit Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only