Kiat Sukses Melayani Konsumen dengan Melakukan Benchmarking

Kiat Sukses Melayani Konsumen dengan Melakukan Benchmarking - inafina.com
Kiat Sukses Melayani Konsumen dengan Melakukan Benchmarking – inafina.com

Setiap perusahaan bisa mengetahui hal apa saja yang terbaik yang telah dilakukan oleh perusahaan lain dan apa yang telah dikembangkan oleh perusahaan saingannya tersebut. Setelah melalukan tilik kaji niaga ini diharapkan perusahaan Anda bisa bertambah keuntungannya dan mengurangi biaya yang tidak diperlukan.

Benchmarking, arti harfiahnya, berkunjung ke perusahaan lain dengan tujuan untuk mengetahui apa yang dilakukan dan yang ada di perusahaan itu, atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan melakukan tilik kaji niaga.

Benchmarking dilakukan untuk melihat bagaimana orang lain bisa melakukan sesuatu yang hasilnya lebih baik dari apa yang bisa Anda lakukan dengan tujuan untuk menirunya, atau untuk meningkatkan teknik pembuatannya sehingga apa yang Anda lihat dari orang lain bisa menjadi sesuatu yang lebih baik bagi konsumen Anda.

Perusahaan-perusahaan besar termasuk Xerox, American Express dan IBM saat ini semuanya telah terlibat di dalam praktek tilik kaji niaga. Apa yang membuat perusahaan-perusahaan yang terbaik di bidangnya ini terdorong melakukan tilik kaji niaga terhadap perusahaan lain? Salah satu alasannya adalah hasil luar biasa yang dicapai oleh perusahaan-perusahaan itu setelah mereka melakukan praktek tilik kaji niaga.

Badan nirlaba American Productivity and Quality Bencmarking Clearinghouse di Houston, AS melalui metode empat tahap tilik kaji niaganya.  Adapun tahap-tahapnya sebagai berikut:

  1. Desain dan Perencanaannya

Tentukanlah proses yang akan dipakai di dalam melakukan tinjauan, untuk mengetahui berbagai informasi yang diperlukan, untuk membuat perangkat yang dipakai untuk mengumpulkan data dan proses yang bisa dipakai untuk mendapatkan data dari luar.

  1. Pengumpulan datanya

Dalam setiap kunjungan guna proses pengumpulan datanya, kunjungi dua atau tiga perusahaan yang bisa bekerja paling baik saja, yang salah satunya harus perusahaan yang satu segmen dengan perusahaan Anda.

  1. Menganalisa

Telaah dan bandingkan antara data yang ada di dalam perusahaan Anda dengan data yang diperoleh dari luar, kemudian lihatlah data yang tidak sama tersebut, lalu prioritaskan jalan keluar bagi perbaikannya dan buatlah sasaran jangka panjang maupun jangka pendek yang ingin dicapai.

  1. Implementasi dan monitor proses barunya

Pilihlah satu cara yang bisa diterapkan dan yang menjadikan perusahaan Anda memperoleh keunggulan usaha. Bila perlu lakukan perubahan dan pilihlah proses usaha yang baru.

Banyak perusahaan yang secara sederhana telah mampu melakukan efisiensi besar-besaran dengan cara memperbaiki peta proses usahanya, meniadakan hal-hal yang tidak perlu diadakan serta tak lagi menggunakan cara kerja lama dan meniadakan pemborosan.

Beberapa pedoman lain yang bisa menjamin keberhasilan benchmarking ini adalah tentukanlah hal-hal yang ingin Anda perbaiki, seperti misalnya untuk peningkatan mutu layanan atau pemenuhan order konsumen Anda. Pilihlah perusahaan yang akan Anda kunjungi dimana mereka telah melakukan keempat hal tersebut di atas secara baik. Selain itu, libatkan para pegawai yang harus melakukan perubahan setelah benchmarking ini dilakukan. Siapkan beberapa pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada perusahaan lain. Usahakan agar tim yang melakukan tilik kaji niaga ini hanya terdiri dari enam sampai delapan orang saja, dimana di dalamnya termasuk para konsumen, para pemasok barang, konsultan serta eksekutif perusahaan.  Namun, dalam melakukan kunjungan ke perusahaan lain di dalam upaya tilik kaji niaga ini, orang yang diikutsertakan sebaiknya hanya terdiri dari dua atau tiga orang saja.

Guna memberi kepuasan bagi konsumen Anda, tilik kaji niaga atau benchmarking adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only