Ini Jaman Teknologi bung bukan Jaman Batu

Ini Jaman Teknologi bung bukan Jaman Batu - inafina.com
Ini Jaman Teknologi bung bukan Jaman Batu – inafina.com

Yup benar sekali, saat ini kita memang berada di jaman yang serba online, segala sesuatu yang dulu dianggap tidak mungkin dilakukan sekarang justru menjadi hal yang biasa dilakukan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi seperti berkirim surat menggunakan e-mail, menjalin hubungan dengan relasi menggunakan media sosial, memesan barang, menjual produk dan jasa di internet dan bahkan dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa meningkatkan quality service pada perusahaan.

Quality service pada bisnis modern tidak bisa diabaikan, sense of service dari semua lini harus dalam kondisi baik dan siap tempur. Tak hanya itu, untuk penjualan dan pemasaran, Anda memerlukan bantuan teknologi. Karena dengan teknologi informasi yang baik, Anda akan lebih akurat dan responsif dalam menghadapi setiap kejadian dan perubahan yang terjadi dalam bisnis Anda.

Kebutuhan akan sistem yang baik tidak hanya pada tingkatan supporting, namun sudah masuk ke area yang strategis, investasi pada teknologi merupakan senjata utama dalam beberapa bisnis. Operasi akan menjadi lancar dan tepat, analisis akan menjadi mudah dan akurat, serta beberapa kelengkapan untuk aktivitas penjualan bisa dipenuhi dengan baik.

Apakah sekarang ini teknologi di perusahaan Anda sudah cukup memadai? Berikut ini akan saya sampaikan beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan penjualan dengan adanya teknologi yang baik :

  • Untuk industri yang bergerak di sektor keuangan, sudah saatnya menggunakan situs marketplace inafina.com agar masyarakat mudah mencari produk dan jasa keuangan yang mereka butuhkan dan membuat tenaga penjualan Anda semakin produktif.
  • Membangun system sales tracking, yang digunakan untuk mengukur penjualan dan aspek-aspek lain yang terkait. Tanpa pengukuran yang baik akan sulit menentukan target, memonitor kinerja, serta memberi penghargaan dan insentif yang adil.
  • Membangun contact management system. Catatlah semua hasil sales call terhadap pelanggan, servis yang diberikan, data-data pribadi, dan tindak lanjut yang diambil. Idealnya, sistem ini dibangun secara online dan terpadu sehingga semua orang bisa memonitor dan memanfaatkan data yang ada. Kalau belum bisa dilakukan demikian, secara manual pun dapat dicoba meskipun semua aktivitas haruslah tercatat dengan baik.
  • Membangun customer datawarehouse. Sistem ini berguna untuk mengenal pelanggan Anda dengan lebih baik dan detail. Mengenali pelanggan mana yang berpotensi terhadap produk tertentu, berapa besar mereka telah bertransaksi dengan Anda, pada siapa Anda berhubungan, dan berbagai catatan detail mengenai pola dan kecenderungan perilaku pelanggan Anda.

Kebanyakan sistem yang ada pada bagian penjualan masih berkisar pada pencetakan surat jalan, membuat invoice, melihat stok dan penjualan, tetapi mengabaikan database customer hingga ke softdata. Softdata adalah data pelanggan yang lebih rinci, bukan sekadar nama dan alamat serta A/R yang harus ditagih, tetapi ditambah dengan keterangan pribadi. Misalnya, jumlah anak, tanggal ulang tahun anak, sekolah anak, dan sebagainya.

Semakin lengkap data yang Anda miliki,semakin mudah Anda membangun keakraban dengan pelanggan, membangun loyalitas, dan mendapatkan penjualan.

Untuk bisnis yang sangat membutuhkan keintiman, membangun CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah keharusan, karena berkomunikasi langsung bisa jauh lebih efektif dibandingkan dengan pemasangan iklan di media cetak maupun elektronik.

Beberapa produsen dan perusahaan pemasaran susu formula untuk bayi sudah menerapkan hal ini. Mereka memiliki data balita, dan orang tua, hingga data baby sitter-nya dengan baik. Mereka mendekati rumah sakit bersalin untuk mendapatkan data sekaligus menemukan pelanggan baru ataupun ‘menyerang’ kelompok bermain dengan berbagai strategi. Setelah itu mereka menjalin komunikasi dengan baik yang terdata dengan sangat rapi. Membangun sistem CRM sebagai salah satu alat bantu dalam strategi bisnis yang mereka jalankan terbukti cukup efektif dan efisien. Mereka mampu membangun kedekatan, serta bisa memberikan informasi kepada prospek secara lebih terarah dan tepat sasaran.

Sekali lagi. ini jaman teknologi bung bukan jaman batu. Jika Anda tidak mengikuti perkembangan jaman dan tidak memanfaatkan kemajuan teknologi, maka secara perlahan tapi pasti, bisnis Anda akan tergerus oleh jaman.

One comment
  1. […] dan akhirnya mereka masih mengandalkan cara lama yang masih manual dan sudah usang. (baca juga : Ini Jaman Teknologi bung bukan Jaman Batu). Jangan ragu melakukan investasi besar-besaran untuk penerapan teknologi di perusahaan Anda. […]

    Reply
Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mobil & Sertifikat (WA Aktif)
Motor (WA Aktif)