Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat dan Terpercaya

Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat

Secara mendasar, produk kredit dari bank ataupun lembaga jasa penyedia pinjaman/kredit terbagi atas 2 macam. Dua jenis produk kredit tersebut antara lain Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Multiguna (KMG).

Perbedaan di antara keduanya jelas terlihat dari penamaan tersebut. Pada KTA, setiap orang dapat mengajukan pinjaman dana tanpa harus repot-repot menyertakan aset sebagai jaminan.

Sedangkan pada jenis kredit KMG, setiap pengaju pinjaman diwajibkan untuk menyertakan aset bernilai sebagai jaminan. KMG ini selanjutnya di tengah masyarakat dikenal dengan gadai sertifikat.

Adapun yang menyertakan rumah sebagai asetnya lebih umum menyebut kredit jenis ini dengan sebutan gadai sertifikat rumah proses cepat.

Jika membicarakan tentang gadai sertifikat rumah yang notabene adalah KMG, terdapat beberapa risiko turut menyertainya.

Gamblangnya, rumah dapat dikatakan menjadi aset terpenting bagi seseorang, sehingga sudah seyogyanya butuh pertimbangan sangat matang bila hendak memutuskan mengajukan kredit jenis ini.

Pada kredit jenis ini, bila yang bersangkutan dibenturkan dengan masalah keuangan (dalam memenuhi kebutuhannya, terutama kebutuhan tak terduga maupun kesulitan pendanaan untuk merintis atau mengembangkan usahanya), maka rumah bernilai dijadikan solusinya.

Agar lebih jelas lagi, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat

gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri

Risiko yang jelas terlihat pada kredit jenis ini adalah kemungkinan mengalami penolakan oleh pihak bank ataupun lembaga jasa penyedia pinjaman lainnya.

Meskipun secara umum rumah memang menjadi aset terpenting, akan tetapi bank atau lembaga tersebut tentunya memiliki mekanismenya sendiri dalam menerima pengajuan kredit tersebut.

5C adalah bentuk analisa yang seringkali dilakukan berbagai lembaga keuangan tersebut, yakni capacity, character, condition, capital dan collateral.

Kelima hal ini merupakan aspek yang coba dianalisa dari sisi personal pihak pengaju pinjaman.

Aspek Penting

gadai sertifikat rumah perorangan

Pertimbangan beberapa aspek penting perlu diperhatikan bank atau lembaga penyedia pinjaman untuk tidak menyetujui aplikasi peminjaman dana lewat kredit gadai sertifikat rumah.

Misalnya terkait dengan kondisi pribadi pihak pengaju pinjaman. Bank atau lembaga tersebut akan menilai dengan logika apakah kondisi yang bersangkutan dalam keadaan mendesak ataupun tidak.

Jika kondisinya memang telah mendesak, maka mindset mereka (pihak bank atau lembaga penyedia pinjaman) adalah pengaju mempunyai potensi untuk memunculkan kredit macet.

Sedangkan aset rumah yang dijadikan jaminan merupakan jurus pamungkas, maka mereka akan berpikiran bahwa pengaju pinjaman tentunya kemungkinan juga memiliki hutang di luaran sana.

Jadi, cukup dilematis juga bagi Bank ketika bermain dengan logika dan mindset terkait kredit gadai sertifikat rumah proses cepat ini.

Kemudian muncullah sejumlah pertanyaan terkait motif mengenai aset rumah yang dijadikan jaminannya.

Tentu berbeda bila menggunakan jaminan berupa BPKB (mobil ataupun motor) maupun perhiasan yang notabene masuk ke dalam kebutuhan tersier bagi kehidupan manusia.

“Kebutuhan mendesak apa yang harus dipenuhi sehingga menggunakan jaminan sertifikat rumah?”

syarat gadai sertifikat rumah di pegadaian syariah

Barangkali pertanyaan tersebut kemudian akan kembali digali oleh pihak bank atau lembaga penyedia pinjaman tersebut.

Dalam hal ini, sebaiknya pengaju pinjaman menghindari jawaban mengenai pemenuhan kebutuhan bersifat konsumtif.

Kuncinya adalah meyakinkan pihak bank ataupun lembaga tersebut dengan menunjukkan kemampuan si pengaju pinjaman dalam hal pembayaran kewajiban, yakni angsuran dan bunganya.

Sebagian besar sisi yang diperhatikan oleh pihak bank dan lembaga penyedia pinjaman adalah konsistensi dalam memenuhi cicilan angsuran serta bunga dari pinjaman tersebut.

Setelah mengetahui tantangan terbesar dalam pengajuan kredit gadai sertifikat rumah proses cepat dari pihak lembaga penyedia pinjaman, maka hal selanjutnya adalah cermat dalam memilih lembaga pemberi pinjaman yang aman serta terjamin.

Lembaga penyedia pinjaman atau pembiayaan banyak bermunculan dan menawarkan berbagai produk kredit menarik, terlebih bagi pihak-pihak yang sedang membutuhkan.

Tetap teliti dan tak perlu tergesa-gesa, pilihlah lembaga yang benar-benar memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Hal pertama perhatikan dan pastikan apakah lembaga yang menawarkan kredit gadai sertifikat rumah tersebut telah terdaftar dan mendapatkan ijin dari OJK serta APPI atau tidak.

Seperti Inafina sudah bekerjasama dengan BPR dan Leasing terkemuka (Resmi terdaftar di OJK).

OJK dan APPI merupakan dua lembaga resmi yang mempunyai peran untuk menaungi berbagai macam kembaga keuangan di wilayah indonesia.

Jika lembaga yang bersangkutan telah memenuhi standar dan terdaftar, maka satu hal yang bisa dipastikan adalah bahwa lembaga tersebut benar-benar aman dan terjamin.

Hal selanjutnya adalah mempertimbangkan apakah suatu lembaga pemberi peminjaman atau pembiayaan itu aman atau tidak karena banyak tempat gadai menjanjikan dana besar tanpa harus survey ke lokasi untuk di cek kondisi rumahnya.

gadai sertifikat rumah bunga rendah

Bagaimana mungkin ada tempat menjanjikan pencairan nominal besar tanpa harus mendatangi lokasi rumah yang ingin digadaikan sertifikatnya?

Tips selanjutnya untuk memastikan apakah suatu lembaga yang menawarkan produk kredit gadai sertifikat rumah proses cepat aman serta terjamin adalah rekening tersebut atas nama perusahaan/BPR/Leasing.

Suatu lembaga yang telah resmi menurut hukum tentunya memiliki kejelasan identitas, termasuk nomor rekening. Hindari suatu lembaga yang ternyata nomor rekeningnya masih atas nama pribadi.

Bila hal tersebut terjadi, dapat dipastikan lembaga tersebut rentan akan manajemen yang tidak profesional.

Kenapa tidak profesional? Jelas, karena setiap transaksi gadai BPKB mobil, motor atau sertifikat lebih baik menggunakan survey selain itu pengiriman uang memang dari lembaga tersebut bukan perorangan.

Dalam hal ini, lembaga tersebut pastinya mengantongi berbagai informasi penting dari sebuah rumah, dimana berbagai informasi tersebut tentunya bukanlah konsumsi khalayak ramai.

Setelah data dinyatakan bagus dan approve, pengaju pinjaman akan diminta datang ke lembaga tersebut untuk menandatangani kontrak.

Faktor pelayanan dari lembaga penyedia kredit gadai sertifikat rumah proses cepat juga merupakan indikator apakah lembaga tersebut aman serta terjamin.

gadai sertifikat rumah 1 hari cair

Pelayanan merupakan faktor penentu dari kelanjutan proses pengajuan pinjaman tersebut. Jika dari awal pelayanan dari lembaga yang bersangkutan dirasakan kurang memuaskan, ini merupakan satu pertanda awal bahwa lembaga tersebut masih rendah dalam hal profesionalitas.

Begitu juga pengaju, bila tidak koperatif akan dinilai oleh kreditur (menyangkut keseriusan). Bila sisi profesionalitas pengaju tidak baik, tentunya harapan untuk mendapatkan dana pinjaman kecil.

Calon debitur tidak mau kan mengalami kegagalan dalam mengajukan pinjaman dimana pun?

Semua persiapan dokumen lengkap, tapi ketika ingin disurvey oleh tim terkait anda sulit dihubungi atau justru malah saat mau pencairan dana anda tidak ada kabar?  Sangat disayangkan, apabila memang butuh dana terdesak.

Perlu disadari tantangan-tantangan dalam memenuhi prestasi itulah yang jauh lebih berat dari sekedar tahapan proses pengajuannya.

Kesemua kembali kepada personal itu sendiri, tentunya dengan berbagai perencanaan dan pertimbangan yang matang untuk dapat lebih memastikan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Untuk mengurangi risiko terkait lembaga-lembaga keuangan yang kurang terpercaya, Inafina hadir menjawab semua masalah keuangan Anda.

Hubungi contact Inafina untuk informasi lebih lanjutnya tentang pemrosesan gadai sertifikat rumah proses cepat, selalin sertifikat kami juga melayani Gadai BPKB Mobil dan Motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2019 inafina.com