Cara Mudah Cari Modal Usaha untuk Memulai Bisnis yang Maksimal

cari modal usaha

Cari Modal Usaha. Kebutuhan hidup untuk sekarang ini memang semakin banyak dan besar saja. Tidak dapat dipungkiri jika masih banyak orang yang tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya karena kurangnya biaya.

Namun untuk sekarang ini mendapatkan biaya untuk bisa memenuhi semua kebutuhan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mencoba memulai suatu usaha atau bisnis.

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan lahan bisnis.

Terlebih lagi dengan cara online, sehingga Anda tak perlu takut untuk memulainya, tetapi memang perlu cari modal usaha bisnis yang dijalankan memberikan hasil lebih maksimal dengan ketersediaan modal usaha yang cukup.

Usaha untuk sekarang ini memang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang karena untuk bisa mendapatkan biaya kehidupan sehari – hari tentunya akan lebih maksimal jika memiliki bisnis sendiri.

Jika bekerja dengan orang lain tentu saja tidak bisa selamanya, namun bila membuka usaha sendiri penghasilan yang akan didapatkan juga akan lebih besar.

Sehingga kesejahteraan hidup lebih maksimal lagi, dan bahkan pengusaha sukses nan nyentrik seperti Bob Sadino berkata “Setinggi apapun pangkat, tetap saja menjadi karyawan, sedangkan sekecil apapun usaha yang dijalankan, tetap menjadi seorang bos.

Cari Modal Usaha

cari modal usaha tanpa jaminan

Bagi anda yang baru mau memulai bisnis atau memperluas usaha (ekspansi bisnis) membutuhkan modal yang tidak sedikit. Maka dari itu sebaiknya segala persiapan sudah matang agar proses eksekusi berjalan lancar.

Era digital telah memberikan kemudahan dari segi informasi, transaksi dan bisnis. Hampir semua orang mulai berbondong-bondong membangun toko online diberbagai media sosial demi memperoleh pendapatan sampingan.

Tetapi sering kali keinginan tersebut pupus karena modal yang dimiliki terbatas. Dalam memulai suatu usaha tentu saja membutuhkan dana untuk biaya operasional, gaji karyawan dan lain sebagainya.

Namun untuk Anda yang ingin mencoba untuk memulai bisnis, maka tak perlu khawatir karena ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk bisa mendapatkan dana. Bahkan Anda tetap bisa mendapatkan dana tersebut tanpa harus meminjam dana ke bank.

Lalu seperti apa caranya? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Menabung Dari Penghasilan Sendiri

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis Anda, tentu saja dengan penghasilan sendiri yang mana sudah ditabung sebelumnya.

Namun jika memang Anda belum memiliki tabungan, maka ada baiknya jika mulai sekarang harus menabung lebih dulu. Sisihkan gaji selama bekerja di setiap bulannya.

Baca Juga : Bisnis untuk Mahasiswa dengan Keuntungan yang Besar

Nantinya jika tabungan sudah terkumpul, maka bisa dijadikan sebagai modal memulai bisnis. Sebagai contohnya, jika Anda membutuhkan modal sebesar 20 juta, sedangkan gaji diperusahaan tempat bekerja setiap bulannya 5 juta.

Maka Anda bisa mencoba untuk menyisihkan gaji Anda tersebut sebesar 2 juta di setiap bulannya. Maka hanya dalam waktu 10 bulan saja, kurang dari 1 tahun Anda sudah memiliki modal 20 juta tersebut.

Menjual Beberapa Aset dan Barang Berharga

mencari modal usaha hibah

Bagi Anda yang sedang cari modal usaha namun tidak ingin meminjam di bank, maka Anda dapat menjual beberapa aset ataupun barang berharga.

Coba lihat barang disekeliling serta perhatikan apakah terdapat aset maupun  barang berharga yang bisa dijual untuk bisa mendapatkan dana tambahan.

Adapun beberapa contohnya adalah gadget, kemudian tas branded, kamera atau perhiasan yang Anda miliki dapat dijual sementara untuk modal usaha.

Kalau nantinya modal tersebut sudah kembali, maka Anda bisa mengganti atau membeli lagi.

Catatan penting untuk kalian bahwa menjual barang tidaklah mudah, sebab belum tentu orang mencari atau menginginkan produk tersebut.

Untuk itu banyak orang memilih untuk mengadaikan barang seperti BPKB Motor, Mobil atau Sertifikat Rumah.

Kenapa? Karena mereka masih bisa menggunakan kendaraan tersebut untuk menunjang aktivitas.

Alasan lain mengapa menjual kurang begitu disarankan, sebab “rival” yang menjual barang sejenis dengan anda nominalnya bisa lebih rendah. Pastinya pembeli akan membandingkan barang tersebut dari segi harga.

Menggadaikan Aset dan Barang Berharga

Sudah sempat dibahas tadi, bila memang Anda tidak rela untuk menjual beberapa barang ataupun aset Anda, cobalah untuk menggadaikannya.

Butuh dana tambahan untuk menjalankan bisnis impian? Inafina siap membantu anda. Pemrosesan gadai BPKB paling cepat 1 hari dan untuk sertifikat rumah sekitar 7 hari. Pilihlah jangka waktu angsuran sesuai kemampuan anda.

Pembayaran lancar dan ingin top up lagi? Atau mau take over mobil yang masih kredit? Bisa kami bantu.

Meminjam Kepada Orang Terdekat

cari modal usaha gratis

Anda juga bisa mencoba untuk meminjam uang kepada orang terdekat karena dirasa lebih cepat mendapat dana. Hal ini merupakan salah satu cara cari modal usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan modal.

Beberapa orang terdekat merupakan beberapa orang yang biasanya selalu memberikan dukungan. Mereka juga ingin melihat kemajuan Anda baik itu secara karakter ataupun finansial.

Terlebih lagi pada finansial, dan jika Anda bisa menjelaskannya secara detail alasan untuk meminjam uang serta seperti apa detail dari bisnis Anda maka orang – orang terdekat biasanya akan memberikan bantuan secara sukarela.

Anda dapat mencoba untuk mengajukan pinjaman pada teman, saudara, orang tua atau siapapun.

Namun Anda harus menjaga kepercayaan diri mereka dan bertanggung jawab. Dimana jika sudah Anda harus mengembalikan uang tersebut tepat waktu. Bila sebaliknya, kepercayaan yang diberikan akan hilang, sehingga merusak persaudaraan.

Apabila posisi anda adalah pemberi pinjaman dana dan sungkan menagih, coba terapkan cara menagih utang pada saudara sendiri tanpa menyinggung perasannya.

Menghadiri Seminar untuk Mendapatkan Investor

Anda juga bisa mencoba untuk menghadiri beberapa seminar yang mana diadakan beberapa pihak. Mungkin saja bisa mendapatkan suntikan dana dari beberapa investor pada seminar tersebut.

Usaha dalam bidang apapun tentu saja membutuhkan investor untuk menyokong dana, terlebih lagi dalam jumlah yang besar. Dan untuk bisa mendapatkan hal tersebut, maka Anda bisa mendatangi beberapa acara seminar yang mana sering kali diadakan beberapa pihak.

Seperti perusahan maupun beberapa lembaga yang bergerak dalam sebuah industri. Tetapi sebelum melakukan hal tersebut, Anda juga harus membuat konsep bisnis yang sangat menarik terlebih dulu.

Tujuannya adalah bisa menarik perhatian dari investor untuk bisa menjadi penyokong dana Anda. Sehingga nantinya bisnis yang Anda mulai bisa berkembang dengan lebih pesat dan tentu saja memberikan keuntungan yang cukup besar.

Mengajak Teman untuk Bekerjasama

cara mencari modal usaha tanpa hutang

Ajaklah teman atau saudara untuk bergabung untuk menjalani bisnis bersama. Bicarakan setiap detail dari rencana bisnis Anda, kemudian nantinya rekan Anda setuju untuk bergabung, dan dana tambahan bisa didapatkan.

Pembagian hasilnya sendiri juga bisa dibagi dua secara rata. Jadi nantinya Anda bisa memulai dan mengembangkan bisnis tersebut bersama dengan rekan. Gunakan dana tersebut dengan efektif dan cermat.

Itulah beberapa solusi cari modal usaha untuk diterapkan demi memperoleh dana tambahan dalam memulai dan merintis usaha Anda.

Dengan memulai suatu usaha tentu saja akan jauh lebih efektif untuk menghasilkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari. Apabila terlalu sungkan meminjam dengan orang terdekat, Inafina siap memberikan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only