Cara Mengelola Perubahan di Organisasi Perusahaan

Cara Mengelola Perubahan di Organisasi Perusahaan - inafina.com
Cara Mengelola Perubahan di Organisasi Perusahaan – inafina.com

Lingkungan usaha akhir-akhir ini membuat perubahan di tempat kerja menjadi terasa lebih cepat dan lebih sering dari sebelumnya.

Merger, akuisisi, teknologi baru, restrukturisasi dan rasionalisasi adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada bertumbuhnya iklim ketidakpastian.

Selama proses perubahan ini, ada faktor-faktor pemicu stres yang dapat diramalkan sebelumnya, tetapi bagaimana kita menyikapi faktor-faktor tersebut akan berbeda satu sama lain karena kita semua adalah individu yg unik.

Kegelisahan dan kebingungan karena kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi dapat menimbulkan stres.

Tidak ada yang benar atau salah dalam menyikapi suatu perubahan. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu kita menyesuaikan diri terhadap perubahan dan terlibat dalam hal-hal yang positif.

Menghadapi Perubahan Organisasi

Setiap individu dapat mengurangi efek perubahan dan stres yang timbul dengan cara memusatkan perhatian pada keuntungan yang akan diperoleh.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu kita menyesuaikan diri terhadap perubahan dengan sikap yang positif :

  • Berpandangan atau memiliki wawasan yang tidak menganggap bahwa hasil dari suatu perubahan pastilah negatif. Perubahan mungkin saja menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada diri Anda walau perubahan tersebut akan menyiksa Anda di awalnya.
  • Tetap fleksibel. Bersiaplah melepaskan sesuatu yang lama dan mencoba sesuatu yang baru. Berbicaralah dengan rekan kerja yang dapat membantu menghilangkan stres dan membantu menciptakan lingkungan yang suportif.
  • Bersikaplah positif terhadap rekan kerja Anda. Adalah penting bagi setiap orang untuk mengetahui kontribusi rekan kerjanya secara reguler dan menunjukkan apresiasi satu sama lain.
  • Ambillah peran positif dalam proses perubahan tersebut. Pelajarilah keterampilan-keterampilan baru, tawarkan ide-ide, buatlah target untuk diri Anda sendiri.
  • Berikan kesempatan untuk perubahan agar dapat berjalan. Bersabarlah, perubahan memerlukan waktu dan proses.
  • Abaikan gosip yang beredar dan tetaplah fokus mengumpulkan sebanyak mungkin fakta yang Anda dapatkan mengenai perubahan. Bicaralah dengan atasan Anda bila Anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan sulit.
  • Berikan perhatian pada diri Anda sendiri. Adalah penting untuk belajar mengendalikan stres. Orang yang sehat lahir dan batin siap untuk menghadapi perubahan. Lakukanlah diet bernutrisi, tidur cukup waktu, olahraga, batasi penggunaan alkohol dan gunakan teknik manajemen relaksasi atau stres (contohnya : ambil nafas panjang, lakukan relaksasi otot), agar badan dan pikiran Anda dapat menghadapi perubahan.

Perubahan adalah saat ini dan masa yang akan datang

Orang cenderung menyalahkan organisasi atau top manajemen atas perubahan yang terjadi dalam organisasi.

Tindakan top manajemen biasanya merupakan reaksi dari kondisi eksternal, seperti kompetisi yang lebih ketat, perubahan di pasar atau teknologi baru.

Penting untuk menyadari bahwa perubahan adalah kunci untuk bertahan dan bertumbuh di era ekonomi global saat ini.

Perubahan tidak dapat dihindari dan kita akan bergerak mengikuti gelombang transisi ini. Tanpa perubahan kita akan menjadi bosan dan tidak responsif.

Tantangan yang kita hadapi adalah belajar untuk melewati gelombang transisi ini semudah dan sekreatif mungkin.

Teknologi menjadi “sumber masalah” utama bagi perusahaan dan organisasi yang benci akan perubahan.

Saat ini kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang begitu masif dan tidak masuk akal. Segala sesuatu yang dulu hanya ada di dalam imajinasi kita, sekarang sudah benar-benar terwujud menjadi kenyataan dan bahkan lebih canggih dari yang kita bayangkan sebelumnya.

Jika para pemimpin perusahaan tidak bergerak lincah untuk menghadapi perubahan, maka dapat dipastikan organisasi dan perusahaannya tersebut akan hilang ditelan jaman.

Hanya ada satu cara terbaik untuk menghadapi dan mengelola perubahan yang terjadi yaitu bersahabat dengan teknologi dan mengikuti perkembangannya seperti anak ayam yang selalu mengikuti induknya.

Jangan berusaha menutup mata dan menganggap perkembangan teknologi itu tidak penting. Salah satu contoh perkembangan teknologi yang membantu perusahaan dan masyarakat adalah situs pinjaman dana inafina.com

Didirikan untuk membantu para individu dan perusahaan agar dapat mendapatkan modal usaha secara cepat, tidak berbelit-belit dan dengan bunga yang ringan.

Gadai BPKB Mobil – Pencairan Maksimal dan Bunga Rendah

Write a Comment

Jansen (WA/SMS/Tlp)