Kewajiban dan Cara Mengecek Pajak Motor Online dengan Mudah

Cara Mengecek Pajak Motor Online

Cara Mengecek Pajak Motor Online. Kendaraan sekarang ini sangat dibutuhkan oleh hampir semua masyarakat, salah satunya adalah motor, dimana merupakan kendaraan sebagian besar masyarakat.

Bagi semua pemilik kendaraan tentu saja membayarkan pajak, karena pajak ini sangat penting dan juga wajib untuk dibayarkan.

Namun memang tak dapat dipungkiri jika banyak orang yang malas untuk mengurus pajak sendiri sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa calo.

Padahal sekarang ini untuk mengecek pajak motor sudah sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengecek pajak motor online agar mempermudah Anda di dalam melakukan pengecekan pembayaran pajak motor.

Jenis Pajak Motor

dispenda jatim cek pajak kendaraan bermotor

Namun sebelum kita membahasnya lebih lanjut, Anda juga perlu untuk tahu jenis pajak motor dan juga manfaat dari membayar pajak untuk setiap pemilik kendaraan.

Pertama akan kita bahas adalah tentang jenis dari pajak motor itu sendiri. Di setiap kendaraan baik motor atau mobil tentu saja terdapat dua jenis pajak yang harus dibayarkan.

Pajak tahunan, dimana biasanya dilakukan pada pengesahan STNK di setiap tahunnya. Pajak tersebut sebenarnya bisa dibayarkan secara langsung ke kantor Samsat yang ada di wilayah Anda.

Namun jika pemilik kendaraan ingin lebih mudah, maka juga dapat dilakukan secara online. Untuk fasilitas dari pembayaran pajak secara online sekarang ini memang baru dapat dilakukan di beberapa daerah serta belum mencakup semua daerah di Indonesia.

Untuk persyaratan yang dibutuhkan adalah STNK motor asli, kemudian KTP asli, BPKB dan tentu saja uang untuk membayarkan pajak tersebut.

Pajak lima tahunan, dimana pada pajak pembayaran pajak jenis ini nantinya akan dilakukan penggantian STNK dan juga plat motor. Jenis pajak ini juga hanya dilakukan secara langsung serta belum dapat dilakukan secara online.

Persyaratannya adalah membawa STNK asli, kemudian BPKB asli, KTP asli serta formulir untuk melakukan cek fisik motor yang sudah tersedia di kantor Samsat. Ketika pengecekan fisik tersebut akan dilakukan petugasnya secara langsung.

Manfaat Membayar Pajak

aplikasi cek pajak kendaraan jakarta

Sebenarnya membayarkan pajak tidak hanya memberikan manfaat untuk pemerintah dalam membangun sebuah negara Indonesia supaya menjadi lebih maju. Tapi dengan membayar pajak manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat juga.

Pembahasan mengenai cara mengecek pajak motor online di setiap wilayah akan dipaparkan setelah penjelasan manfaat pajak.

Adapun beberapa manfaat dari pajak yang dapat dirasakan masyarakat adalah sebagai berikut:

Penghasilan Negara Berasal Dari Pajak. Sekitar 70% sumbangan pendapatan dari negara memang asalnya dari pajak. Jika tdak ada pajak, tentunya hampir semua negara tidak akan dapat dilakukan seperti mestinya.

Karena berbagai macam proyek, baik itu pembangunan jalan, rumah sakit, sekolah, jembatan, kantor polisi dan yang lainnya dapat dibandung karena dana pajak tersebut.

Bahkan tak hanya itu saja, pembangunan infrakstruktur seperti pendidikan, kesehatan, subsidi bahan bakar minyak, fasilitas publik sampai gaji pegawai negeri juga menggunakan dana pajak.

Baca Juga : Ini Jaman Teknologi bung bukan Jaman Batu

Tentunya pajak tersebut akan membantu untuk meningkatkan fasilitas yang ada pada sekitar kita.

Sedangkan untuk manfaatnya juga sudah sangat jelas, dimana dengan pajak yang sudah dibayarkan semua masyarakat, maka nantinya masyarakat itu sendiri yang menikmati fasilitas umum secara lebih baik.

Mempermudah Mengajukan Pinjaman Dana. Terlebih lagi untuk para pengusaha, Karena dengan kartu NPWP nantinya pihak dari bank akan melakukan sebuah pengecekan.

Jika terbukti tidak pernah terlambat dalam membayarkan pajak tentu saja akan memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam melakukan pinjaman. Jadi untuk Anda yang mungkin sering kali terlambat dalam membayarkan pajak, sebaiknya lakukan perubahan sekarang juga agar nantinya bisa mendapatkan banyak kemudahan.

Cara Mengecek Pajak Motor Online

cara melihat pajak motor di stnk

Sekarang kita akan membahas tentang cara cek pajak motor online yang bisa dilakukan. Dengan demikian akan lebih mempermudah di dalam mendapatkan informasi dan membayarkan pajak. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Wilayah DKI Jakarta, maka Anda dapat melakukan pengecekan pajak motor secara online melalui situs  http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki/.

Kunjungi situs e-samsat tersebut, kemudian nantinya mengisi formulir yang sudah tersedia dengan beberapa data dari motor ataupun nomor plat Anda. Dan yang terakhir adalah masukkan kode lalu klik proses.

Jawa Barat, maka Anda bisa mengunjungi situs http://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/. Situs ini sekarang hanya dapat memuat persyaratan serta informasi singkat tentang PKBB.

Layanan pengecekannya masih dapat menggunkan SMS. Sedangkan untuk pembayarannya dapat dilakukan dengan ATM, SMS banking ataupun internet banking.

Jawa Tengah, maka dapat langsung mengunjungi situs http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Dan untuk langkah – langkah yang dapat dilakukan adalah mengunjungi situs e-samsat tersebut, kemudian mengisikan nomor kendaraan dan klik submit.

Segala informasi baik tunggakan pajak progresif serta nominal pajak akan tertera di website. Sehingga warga jateng tidak perlu lagi bersusah payah datang ke samsat hanya untuk cek informasi.

Tapi karena tidak semua orang paham akan cara kerja situs tersebut tak masalah bila ingin mencari tahu secara langsung sekaligus bertanya kepada petugas di tempat.

Yogyakarta, untuk anda yang tinggal disekitaran yogya maka cara mengecek pajak motor online bisa melalui situs e-Samsat http://infonjkbdiy.com/, caranya dengan kunjungi situs tersebut, kemudian memasukkan nomor polisi dari motor Anda dan klik pilihan submit.

segala informasi tentang nominal yang harus dibayarkan akan muncul. Seperti nominal pajak utama, dimana belum termasuk pajak progresif serta denda jika telah melewati jatuh tempo.

Jawa Timur, maka Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs e-Samsat http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.

Langkah-langkahnya adalah mengunjungi situs e-Samsat Jawa Timur tersebut, kemudian mengisi nomor plat motor Anda serta masukkan kode verifikasinya, setelah itu baru klik cari.

Informasi tentang pajak motor Anda bisa muncul. Dan nominal tersebut memang belum termasuk denda keterlambatan dan juga pajak progresif.

Keuntungan Mengecek Secara Online

cek pajak kendaraan online

Menggunakan layanan dari e- Samsat atau pengecekan pajak motor secara online memang sangatlah mudah dan juga menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan e-Samsat atau cara mengecek pajak motor online:

  1. Prosedur dari pelayanan yang diberikan lebih sederhana, dimana dapat diakses menggunakan ATM ataupun channel dari bank yang sudah bekerjasama untuk bisa melakukan penerimaan pembayaran pajak dari e-Samsat.
  2. Kemudian juga cepat, dimana terdapat sebuah kepastian waktu di dalam menyelesaian pelayanan.
  3. Lalu juga berkualitas serta memanfaatkan sebuah teknologi informasi serta transaksi elektronik.
  4. Prosesnya juga lebih aman dan juga produk dari pelayanan dapat memberikan perlindungan terhadap kepastian hukum.
  5. Selain itu juga lebih efisien, dimana wajib pajak tersebut tidak perlu lagi antre dan juga datang ke kantor Samsat. Hanya menggunakan gadget saja.

Jadi itulah beberapa cara mengecek pajak motor online yang bisa dilakukan. Dengan demikian pajak dari sepeda motor milik Anda dapat terpantau lebih baik sehingga terhindar dari masalah keterlambatan pembayaran.

Perlu dana tambahan sekarang tapi kondisi pajak mati? Ajukan saja di Inafina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only