Apa Itu Cryptocurrency? dan Apa Saja Jenisnya – Jenisnya?

Apa Itu Cryptocurrency

Apa itu cryptocurrency? Pada dasarnya Cryptocurrency merupakan suatu mata uang digital yang mana sengaja dirancang sebagai sebuah alat tukar. Mata uang digital ini sendiri menggunakan sistem yang bernama kriotografi.

Dimana gunanya adalah untuk bisa mengamankan serta memverifikasi pada setiap transaksi, selain itu juga untuk membantu mengontrol pembuatan dari beberapa unit baru suatu cryptocurrency tertentu.

Selain itu juga bisa dibilang merupakan entri yang terbatas di dalam basis data dimana tidak bisa dirubah kecuali pada kondisi tertentu yang terpenuhi.

Selain tahu akan apa itu cryptocurrency, Anda juga perlu mengetahui akan beberapa hal yang memang perlu untuk diketahui mengenai mata uang digital itu sendiri.

Dimana cryptocurrency ini berfluktuasi serta beresiko. Namun jika mampu untuk memahami pasar, tentunya akan membantu untuk mengidentifikasi beberapa proyek yang sukses.

Selain itu juga bisa membaca dan membuat crypto tersebut bisa memberikan sebuah keuntungan yang sangat besar.

Bicara tentang cryptocurrency, sebenarnya ada beberapa jenis dari cryptocurrency ini yang perlu untuk diketahui, antara lain :

Apa Itu Cryptocurrency?

bisnis cryptocurrency adalah

Bitcoin

Jenis yang pertama adalah Bitcoin, dimana sekarang ini Bitcoin menjadi salah satu mata uang paling banyak diincar oleh para pelaku bisnis atau investor. Bitcoin ini memang terbilang memberikan keuntungan yang cukup besar dan menggiurkan.

Hal tersebut karena untuk peningkatan valuasinya sangat luar biasa dari waktu ke waktu. Bitcoin ini mempunyai kelebihan dimana pada dasarnya mewakili mata uang crypto.

Keunggulan dari Bitcoin ini sendiri adalah sifatnya sebagai sebuah mata uang crypto yang menggunakan hash rate atau tingkat kompleksitas sebuah algoritma kriptografi dimana untuk sekarang ini semakin canggih.

Kepercayaan dari publik juga semakin terjamin agar dapat terhindar dari sebuah resiko pemalsuan.

Kepercayaan itu turut serta membantu pengembangan sebuah komunitas global yang dapat menguatkan posisinya menjadi mata uang yang tak mudah goyah apapun kondisi masyarakat. Dan mata uang crypto ini bisa menkan laju inflasi seperti halnya emas.

Sampai apakah sudah sedikit paham mengenai apa itu cryptocurrency? Mari kita lanjut lagi.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah sifatnya yang spekulatif. Untuk nilainya akan ditentukan sejumlah orang maupun unit bisnis yang menerima Bitcoin itu sendiri.

Apabila semakin banyak yang menggunakannya, maka nilainya tentu saja semakin meningkat. Dan sebaliknya jika semakin sedikit, nantinya implikasi dari harga jual akan turun.

Sebagai sebuah mata uang crypto, Bitcoin ini tidak dapat mengenal pembatalan transaksi. Selain itu prosesnya juga bersifat publik.

Bahkan tak ada entitas mampu memberikan sebuah jaminan untuk kelalaian yang dapat menimbulkan kehilangan maupun kesalahan di dalam proses pengiriman.

Selain itu dompet hardware juga sangat rentan diserang oleh virus maupun mengalami suatu kerusakan jika memang tidak dirawat dengan baik, bahkan dapat menimbulkan koin yang hilang atau melayang begitu saja.

Ethereum (ETH)

kelemahan mata uang digital

Kemudian ada juga Ethereum (ETH), dimana bisa dibilang sangat mirip Bitcoin, tetapi didesain secara khusus untuk menjadi sebuah smart contract yang terbuka.

Kemudian transaksi yang mana dilakukan nantinya akan diblokchain sehingga bisa mengeksekusi sebuah smart contract dengan berbagai macam cara. Contohnya saja dengan cara mengirimkan mata uang digital maupun ke alamat kontrak.

Setelah berhasil untuk dieksekusi, maka smart contract tersebut bisa memproses lebih banyak transaksi lainnya.

Ethereum Virtual Machine ini sendiri merupakan software yang bisa digunakan oleh pengembang untuk membuat berbagai macam aplikasi semakin mudah seperti aplikasi berbasis transaksi crypto. Berdasarkan konsep yang ditawarkan, pihak pengembang tak perlu membuat serta mengurus blockchain sendiri.

Namun juga terdapat kekurangan, dimana masalah kecepatan akses, dimana tidak sepenuhnya dapat diandalkan karena menggantungkan di server yang sudah terdistribusi.

Dimana pengembangan aplikasinya sendiri dapat dianalogikan akan penyewaan jasa webhosting.

Pada saat server tersebut sedang down, maka sistem juga tidak ikut berfungsi. kerugian terparah adalah pihak pengembang tidak bisa meningkatkan fungsionalitas blockchain dengan mandiri.

Hal tersebut karena nantinya harus memberikan kontribusi secara menyeluruh. Bila mengalami hard fork, tentunya akan berpengaruh pada aplikasi yang dikembangkan secara langsung.

Dan nantinya setiap komputasi akan membutuhkan jenis koin yang terus meningkat bergantung dengan kompleksitas serta basis dari pengguna aplikasi.

Ripple (XRP)

kegunaan cryptocurrency

Lalu di dalam penjelasan apa itu cryptocurrency, jenis selanjutnya terdapat mata uang digital Ripple (XRP).

Kegelisahaan yang dirasakan oleh para pengguna Bitcoin, sepertinya dapat didengar baik oleh pihak pengembang Ripple. Karena salah satu keunggulan yang diberikan adalah prosesnya yang mudah dalam penukaran mata uang lokal.

Untuk teknologi dari Ripple ini sendiri adalah memberikan fasilitas penukaran XRP dengan beberapa mata uang yang ada di dunia.

Termasuk dengan Bitcoin, hal itu karena Ripple ini sudah terintegrasi dengan sebuah layanan perbankan di dunia. Dan untuk sekarang ini menjadi sebuah landasan revolusi remittance maupun pengiriman uang antar negara.

Kekurangan Ripple adalah karena keterbukaan dari jaringan. Dimana node yang terdapat di struktur jaringan memungkinkan bisa menerima serangan yang berdampak pada kelumpuhan akses pengguna saat melakukan transfer dana.

Bitcoin Cash (BCH)

Selanjutnya ada Bitcoin Cash (BCH), dimana merupakan versi upgrade dari Bitcoin, dimana memperbaiki beberapa prosedur yang sudah dimiliki. Keunggulan bitcoin cash adalah mampu untuk membuat kenaikan dari nilai menjadi lebih konsisten.

Dari segi kecepatan transaksi, Bitcoin Cash ini bisa dibilang lebih cepat. Dengan demikian dapat menguntungkan para penggunanya.

Sedangkan untuk tingkat keamanannya juga ditingkatkan, dimana turut mempertimbangkan segi tampilan serta fitur agar dapat lebih menarik.

Kekurangannya resiko kerusakan pada perangkat keras. Tetapi kelemahan tersebut yang tercipta karena adopsi yang terbilang belum masif.

Hal itu membuat Bitcoin Cash ini belum mencapai yang namanya Critical Mass atau masa kritis minimum yang dibutuhkan agar nantinya blok yang berukuran 1 MB lebih bisa tercipta secar baik, dan hal tersebut merupakan faktor utama yang dapat membuat jaringan menjadi lebih stabil.

Dalam artian adopsi yang belum masif nantinya akan berdampak dengan sifat spekulatif yang dipunyai.

Litecoin (LTC)

makalah mata uang digital

Selain itu ada juga Litecoin (LTC), dihadirkan untuk menyempurnakan Bitcoin, dan salah satu hal yang diperbaiki adalah berkaitan dengan waktu generasi blok.

Beberapa Litecoin tersebut mempunyai waktu sekitar 2,5 menit, sedangkan untuk Bitcoin adalah 10 menit.

Algoritma dari penambangan didesain menjadi lebih sederhana, dimana membuat miner tidak perlu melakukannya menggunakan komputer dengan spesifikasi sangat tinggi.

Karena jenis ini sendiri mengaktifkan Segregated Witness yang diklaim mampu membuat transaksi dari koin menjadi lebih cepat serta memberikan biaya yang lebih rendah.

Selain itu fitur Swap Atom ini dibubuhkan untuk bisa memberikan kemudahan untuk setiap pemilik koin Crypto untuk bertransaksi dengan Litecoin tanpa adanya platform khusus.

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah proses mining yang tergolong mudah akan memberikan kemungkinan penumpukan stok Litecoin.

Jangka panjang jika tidak dapat tumbuh nantinya akan pecah. Sehingga dapat mengalami sebuah penurunan inflasi secara drastis.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang cryptocurrency dan juga penjelasan apa itu cryptocurrency.

Sehingga Anda bisa menganalisa apakah mata uang tersebut menguntungkan ataupun tidak. Tak bisa kita pungkiri bahwa tindakan penipuan seringkali terjadi karena beberapa orang menginginkan kaya secara instan. Mungkin itu juga bisa menjadi alasan utama mengapa kita tidak akan pernah kaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Chat Only