Alasan Utama Mengapa Kita Tidak Akan Pernah Kaya

Alasan Utama Mengapa Kita Tidak Akan Pernah Kaya - inafina.com
Alasan Utama Mengapa Kita Tidak Akan Pernah Kaya – inafina.com

Rahasia nomor satu dalam keberhasilan komersial adalah berbeda dari yang lain. Anda harus menawarkan produk atau jasa yang tidak ditawarkan oleh orang lain. Kebanyakan perusahaan masuk ke dunia bisnis dengan melakukan apa yang telah dilakukan oleh orang lain.

Jika Anda tidak unik, Anda seperti layaknya penjual bawang di sebuah pasar. Anda menawarkan barang yang sama seperti yang ditawarkan oleh penjual lain, dan satu-satunya cara untuk mendapatkan pelanggan adalah dengan menurunkan harga. Mana mungkin Anda bisa kaya dengan cara begitu?

Tanya pada diri Anda, mengapa ada barang-barang yang harganya mahal dan ada barang-barang yang harganya murah? Hal itu dikarenakan barang-barang yang mahal berbeda dari yang lain, jarang ada, dan sulit diperoleh. Sebaliknya, barang yang murah dengan mudah dapat diperoleh.

Jika sasaran Anda adalah uang maka Anda harus tampil unik, bukan sekadar “komoditas” yang mudah didapat di mana-mana. Jika Anda memproduksi barang komoditas, Anda tidak berbeda dari orang lain, kecuali harga barang Anda. Cara ini bukan cara yang Anda inginkan, karena harus menurunkan harga dan memotong marjin keuntungan Anda untuk mempertahankan pelanggan. Cara ini akan membuat bisnis Anda bangkrut.

Mulai saat ini, tujuan Anda ketika melakukan aktivitas apa pun, mendirikan bisnis, menjalankan bisnis, memelihara dan mengembangkan bisnis, harus diarahkan pada pencapaian keunikan sehingga berbeda dari yang sudah ada.

Setiap aspek dalam bisnis, mulai dari pengembangan, produksi barang atau jasa, hingga promosi dan penyerahannya pada pelanggan, harus memiliki sisi keunikan. Tetapi, unik saja tidak cukup, melainkan ia harus dapat dipahami dan dihargai para pelanggan atau pasar sehingga produksi barang memiliki arti.

Sebuah kesalahan besar ketika Anda memulai atau menjalankan bisnis dengan menganggap produk atau jasa Anda unik, padahal sebenarnya tidak. Sekitar tahun 80an, IBM menganggap bahwa produk PC mereka unik sampai suatu hari seluruh pasar mereka direbut oleh PC kloning yang memiliki kemampuan sama dengan harga yang lebih murah. Di tahun 70an Xerox pun merasa bahwa mereka unik, terbukti mereka berhasil mengembangkan mesin fotokopi komersial sampai Canon mulai menjual mesin fotokopi dengan harga separuhnya dan kualitas yang sama baiknya.

Mengapa saya harus membelinya dari Anda dan bukan dari orang lain?

Para pemasar handal biasa menyebut keunikan sebagai sebuah Unique Selling Proposition yang artinya adalah Proposisi Penjualan Unik. Kita juga pasti pernah mendengar istilah lain seperti Keunggulan Pembelian Unik atau Proposisi Nilai atau Positioning. Semua memiliki arti yang sama. Secara pribadi saya lebih senang dengan istilah Unique Selling Promise atau Janji Penjualan Unik (USP). Janji Penjualan yang unik merupakan janji khusus Anda pada pelanggan yang hanya ditawarkan oleh Anda. Janji tersebut memberi Anda kekuatan dan mendorong pelanggan untuk membelinya hanya dari Anda, bukan dari orang lain.

Kalau saya menanyakan pada teman saya pertanyaan tersebut, saya pasti akan mendapatkan satu diantara dua jawaban berikut, “kami memberikan kualitas yang lebih baik!” atau “kami memberi pelayanan yang lebih baik!” Kemudian saya bertanya pada teman, “jika saya menanyakan pertanyaan yang sama pada pesaing Anda di ujung jalan sana, menurut Anda apa jawaban mereka?” mereka akan menjawab “sama!” Dari sudut pandang pelanggan, terutama pelanggan baru yang belum pernah berhubungan dengan Anda, ini berarti Anda tidak unik. Anda sama dengan yang lain.

Dengan kata lain, Anda hanya sebuah komoditas, tidak seperti yang Anda bayangkan selama ini. Jika Anda hanya sebuah komoditas di mata pelanggan atau calon pelanggan, Anda tidak mungkin dapat meminta mereka membayar setinggi yang Anda inginkan, jika Anda memaksa, mereka akan pergi mencari penjual lain. Terkadang Anda tidak dapat meminta pelanggan membayar dengan harga tinggi sehingga Anda dapat memperoleh laba.

Artinya, satu-satunya keunggulan kompetitif Anda hanya harga. Dan yang diinginkan oleh setiap pelanggan adalah harga yang paling rendah. Pelanggan tidak tahu dan tidak peduli apakah Anda memperoleh laba atau tidak, yang mereka inginkan hanya harga yang bersaing, tidak peduli bila itu berarti menelan bulat-bulat jantung Anda.

Jadi, apa jawabannya?

Jika Anda sadar bahwa Anda belum cukup memiliki keunikan maka hanya ada satu cara yang dapat dilakukan yaitu menjadikan diri Anda unik. Untuk mewujudkannya Anda dapat bertanya, mengapa seseorang memilih untuk membeli dari saya dan bukan dari pesaing saya?

Ini merupakan rahasia nomor satu dalam menjalankan sebuah perusahaan yang sukses. Dan menjelaskan mengapa beberapa orang dapat menjadi sangat kaya. Jawabannya, karena mereka sadar bahwa keunikan akan memberi mereka dividen yang besar. Bagaimana cara melakukannya, yaitu dengan mengembangkan sebuah USP yang berarti dan kuat.

Cara terbaik mengembangkan USP adalah dengan mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan atau ubah menjadi unik. Mulailah menggunakan metode berbincang-bincang dengan palanggan atau calon pelanggan Anda. Mereka akan memberi informasi secara cuma-cuma.

USP Anda merupakan batu pijakan pemasaran Anda, yang tanpanya Anda tidak mungkin mampu bersaing, dan tidak mungkin memperoleh kekayaan. Jika Anda tidak memiliki USP, saya sarankan Anda segera berhenti melakukan apa pun. Carilah USP Anda sekarang juga, hari ini juga! Tanpa memiliki USP yang kuat Anda tidak akan dapat memosisikan produk atau jasa Anda dalam benak pelanggan. Anda tidak memiliki senjata ampuh, dan para pelanggan Anda tidak punya alasan untuk membeli produk atau jasa dari Anda selain harga yang murah. Bila ini terjadi, Anda akan menanggung kerugian yang sangat besar, kehilangan laba, dan kehilangan penjualan.

Meskipun ada kesulitan dalam menemukan keunikan pada produk atau jasa Anda, teruslah mencarinya. Jika Anda ingin kaya jangan melakukan hal yang sudah dilakukan oleh semua orang. Anda harus berbeda, jarang ditemukan, dan unik. Menjadi berbeda, jarang ditemukan, dan unik menjadi alasan mengapa orang akan mengantre membeli produk atau jasa Anda, meski harus mengeluarkan sejumlah besar uang untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, lihat kembali diri Anda, seberapa berbeda, seberapa jarang ditemukan, dan seberapa uniknya Anda?

Write a Comment

Jansen (WA/SMS/Tlp)